Taiwan Borong Senjata Amerika, Tiongkok Siap Kerahkan Tentara Pembebasan Rakyat

Taiwan Borong Senjata Amerika, Tiongkok Siap Kerahkan Tentara Pembebasan Rakyat
Tentara Tiongkok bakal diterjunkan untuk mengamankan demonstrasi di Hong Kong. Foto: Reuters

jpnn.com, BEIJING - Tiongkok mendesak Amerika Serikat menghentikan penjualan senjata dan kerja sama militer lainnya dengan Taiwan. Beijing menilai tindakan tersebut akan berdampak sangat buruk bagi hubungan kedua negara.

Negeri Tirai Bambu rupanya kebakaran jenggot setelah Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengumumkan penjualan senjata senilai USD 180 juta ke Taiwan.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Wu Qian menyebut AS telah mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok secara semena-mena. Tindakan itu juga sangat membahayakan perdamaian dan stabilitas di seluruh kawasan Selat Taiwan.

Menurut dia, AS seharusnya membantu rakyat Taiwan untuk mewujudkan reunifikasi, bukan memberi harapan palsu kepada para separatis.

"Pemulihan dan reunifikasi nasional merupakan aspirasi rakyat dan kecenderungan yang tidak dapat dibendung saat ini, dan tidak ada satu pun orang maupun kekuatan yang dapat menghentikannya," lanjut dia.

Lebih lanjut Wu mengatakan, Tiongkok tidak akan segan-segan menggunakan kekuatan militer untuk menjaga kedaulatannya. Menurut dia, Tentara Pembebasan Rakyat siap menempuh langkah-langkah yang diperlukan demi menjaga perdamaian dan stabilitas di seluruh kawasan Selat Taiwan. (xinhua/ant/dil/jpnn)

Tiongkok kebakaran jenggot setelah Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengumumkan penjualan senjata senilai USD 180 juta ke Taiwan


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News