JPNN.com

Tinggal Tunggu Terompet, Ribuan Tentara India dan Tiongkok Siap Perang

Senin, 25 Mei 2020 – 21:21 WIB Tinggal Tunggu Terompet, Ribuan Tentara India dan Tiongkok Siap Perang - JPNN.com
Ilustrasi Tiongkok-India. Foto: economic times india

jpnn.com - Ketegangan antara Tiongkok dan India di perbatasan Lembah Galwan terus meningkat.

Mengutif Times of India, menyikapi ribuan pasukan Tiongkok telah merangsek sekitar 3 km ke wilayah India di bagian Tenggara Galwan, atau Danau Pangong yang masuk dalam Line of Actual Control (LAC).

Pasukan Tiongkok diketahui telah mendirikan ratusan barak di sekitar perbatasan, termasuk kemungkinan membangun banker dan memarkir sejumlah kendaraan berat.

Tidak mau mundur dan memilih menantang, India juga memutuskan pengerahan ribuan pasukan Batalion Infantri Angkatan Darat.

Menyusul pada 5 Mei dan 9 Mei lalu, pasukan India dan Tiongkok bentrok di lokasi pembangunan infrastruktur Negeri Tirai Bambu itu, di Lembah Galwan. Dilaporkan, sekitar 100 tentara India dan Tiongkok terluka.

Sengketa perbatasan India-Tiongkok mencakup LAC sepanjang 3.488 km. Tiongkok mengklaim Arunachal Pradesh sebagai bagian dari Tibet selatan sementara India membantahnya.

Oleh karena itu, ketegangan dipicu ketika pemerintah Tiongkok menganggap tentara pertahanan India telah menghalangi patroli dan operasi pasukan perbatasan Tiongkok.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri India membantah anggapan Tiongkok itu, dia justru menuduh bahwa militer Beijing yang menggangu perbatasan dan menghalangi patroli militer India di sepanjang LAC, di Lembah Galwan. 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ridha