Perwira Tiongkok Ingin Bernegosiasi, Tetapi Tentara India Menyerang dengan Kejam

Perwira Tiongkok Ingin Bernegosiasi, Tetapi Tentara India Menyerang dengan Kejam
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian. Foto: ANTARA/HO-MOFA/mii

jpnn.com, BEIJING - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Zhao Lijian mengatakan bahwa situasi di wilayah perbatasannya dengan India secara keseluruhan telah stabil dan terkendali.

"Kami percaya bahwa dengan dipandu oleh konsensus penting yang dicapai antara kedua pemimpin, Tiongkok dan India dapat menangani situasi saat ini dengan tepat, bersama-sama menegakkan perdamaian dan stabilitas di wilayah perbatasan, dan memastikan perkembangan hubungan bilateral yang sehat dan stabil," ujar dia dalam konferensi pers di Beijing, Kamis (18/6).

Menurut Zao, Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi telah menjelaskan posisi tegas Tiongkok saat melakukan percakapan telepon dengan Menteri Luar Negeri India S Jaishankar.

Bagi Tiongkok, semuanya terjadi karena provokasi tentara garis depan India yang secara sengaja melanggar kesepakatan dengan melewati Garis Kontrol Aktual. "Bahkan dengan kejam menyerang para perwira dan tentara Tiongkok yang pergi ke medan untuk bernegosiasi, sehingga memicu konflik fisik yang sengit dan menyebabkan jatuhnya korban," ujar dia.

"Sejak insiden itu terjadi, Tiongkok dan India telah melakukan kontak dan koordinasi melalui saluran diplomatik dan militer," ungkap Zhao.

Zhao mengklaim kedua belah pihak sepakat untuk menangani situasi serius yang disebabkan bentrokan itu secara adil, mematuhi kesepakatan, meredakan ketegangan sesegera mungkin, serta menegakkan perdamaian dan ketenangan di wilayah perbatasan. (ant/dil/jpnn)

Bagi Tiongkok, bentrokan maut yang terjadi di wilayah perbatasan beberapa waktu lalu adalah salah India


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News