Taiwan Siap Klarifikasi Indomie

Taiwan Siap Klarifikasi Indomie
PEGANG KEPALA : Kepala BPOM Kustantinah (kiri) bersama jajarannya saat hadir dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IX terkait kasus Indomie di Taiwan di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (14/10). Komisi IX mempertanyakan perihal penarikan Indomie serta sejauhmana PT Indofood berkoordinasi dengan badan kesehatan Taiwan dalam mengekspor produknya. Foto : MOHAMAD QORI/RM
JAKARTA -- Pemerintah mengaku telah melakukan upaya nyata untuk menyelesaikan kasus Indomie di Taiwan. Telah dilakukan komunikasi secara langsung untuk menyepakati beberapa langkah yang harus ditempuh agar hubungan bisnis tetap berjalan.

Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu, mengatakan kontak langsung dengan pihak otoritas Taiwan berlangsung Rabu (13/10) lalu dan menyampaikan beberapa concerns mengenai masalah Indomie di Taiwan.

Dalam keterangan resminya Mari mengatakan bahwa Taiwan sudah memahami pokok permasalahan dan berjanji memberikan kerjasama sepenuh hati untuk mencari solusi bersama. Mari meminta agar Food and Drugs Administration Department of Health (FDA-DOH) Taiwan memberi klarifikasi untuk menjelaskan bahwa ada dua standar yang berbeda antara Indonesia dan Taiwan terkait penggunaan bahan pengawet, tetapi keduanya diakui secara internasional.   

Taiwan juga diminta menjelaskan bahwa produk yang masuk melalui jalur distribusi Indofood sudah memenuhi standard Taiwan. Kemudian meminta otoritas setempat meletakkan persoalan secara proporsional tidak menyamaratakan semua produk yang beredar di Taiwan yang masuk dengan cara yang berbeda. Selanjutnya Taiwan diminta untuk memperlakukan masalah ini sesuai dengan prosedur yang berlaku dalam perdagangan internasional dan melakukan komunikasi dengan otoritas yang berkompeten untuk bidang ini.

JAKARTA -- Pemerintah mengaku telah melakukan upaya nyata untuk menyelesaikan kasus Indomie di Taiwan. Telah dilakukan komunikasi secara langsung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News