Tak Ada Ancaman Gempa

Tak Ada Ancaman Gempa
Promosi Olimpiade Beijing 2008 mulai marak di China dan Hongkong. Foto: AFP
BEIJING – Semakin dekatnya perhelatan Olimpiade Beijing membuat pemerintah Tiongkok bertambah sibuk. Mereka ingin memberikan yang terbaik, termasuk menyediakan udara yang lebih bersih. Selain itu, pemerintah juga meminta para ahli seismologi untuk lebih mengamati gejala alam yang mungkin terjadi. Malah, persiapan itu telah dilakukan sejak tiga tahun silam.

      Berdasarkan hasil pengamatan para ahli di jaringan monitoring gempa bumi, Beijing aman dari guncangan gempa. Setidaknya selama perhelatan olah raga akbar tersebut berlangsung. Menurut ahli senior di Pusat Kendali Gempa Bumi Tiongkok, memang tidak ada tanda-tanda terjadi gempa hebat di Beijing.

      Jaringan pengawas gempa di Beijing merupakan yang terbesar dibandingkan yang ada di wilayah lain di Tiongkok. Sebab, bisa mendeteksi getaran gempa yang paling lemah sekalipun. Misalnya, kata Zhang Xiaodong, kata Wakil Direktur Pusat Kendali Gempa Bumi Tiongkok, getaran gempa berkekuatan -1.

      Pusat kendali gempa tersebut menempati area seluas 150 kilometer persegi. Tepatnya di antara 38,5 hingga 41 garis Lintang Utara, dan  di antara 113 dan 120 Bujur Timur. Di dalamnya, terdapat 107 stasiun kendali gempa. Jumlah tersebut merupakan yang paling banyak di Tiongkok.

      ’’Para ahli kami terus bekerja untuk mengamati perubahan-perubahan geofisika dan menganalisa data yang berhasil dikumpulkan,’’ ujar Zhang.

      Sementara itu, Kantor Gempa Bumi Tiongkok (CEA) mulai bekerja sama dengan pemerintah kota Beijing dan Beijing Organizing Committee of the 29th Olympic Games (BOCOG) sejak tiga tahun lalu. Dikatakan oleh Yin Chaomin, Wakil Direktur CEA, kerja sama itu dimaksudkan untuk mengembangkan rencana kemungkinan terjadinya gempa dengan kekuatan yang berbeda-beda.

      Bahkan, kantor itu juga membangun rancangan untuk melaporkan gempa, mengawasi, serta untuk mengumumkan informasi terjadinya gempa. ’’Kami bahkan membangun beberapa stasiun pengawas di dekat Beijing dan di enam kota lain,’’ uja Yin.

      Di lain pihak, pemerintah juga bersiap diri menghadapi bila terjadi gempa selama perhelatan Olimpiade. Bahkan, di beberapa kota telah dibangun tempat-tempat penampungan untuk korban gempa. Di Beijing sendiri sudah ada 31 tempat penampungan yang diperkirakan bisa menampung sekitar tiga juta orang.

BEIJING – Semakin dekatnya perhelatan Olimpiade Beijing membuat pemerintah Tiongkok bertambah sibuk. Mereka ingin memberikan yang terbaik,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News