Tak Ada Pembatasan Internet Saat Peringatan HUT OPM, Tetapi Ada Syaratnya

Tak Ada Pembatasan Internet Saat Peringatan HUT OPM, Tetapi Ada Syaratnya
Paket Internet. Foto : Traveloka for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika atau Menkominfo Johnny G Plate menyebut pemerintah tidak akan melakukan pembatasan internet di Papua ketika momen HUT OPM alias Organisasi Papua Merdeka yang jatuh pada 1 Desember 2019.

Pemerintah, kata dia, menjamin internet di Papua tetap berjalan normal saat HUT OPM. Asalkan situasi keamanan berjalan kondusif di saat perayaan.

"Tidak ada (pembatasan internet). Dalam keadaan normal, tidak ada pembatasan," ucap dia ditemui usai menghadiri rapat koordinasi di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (31/10).

Bahkan, kata dia, jajaran Kemenkominfo tidak melakukan hal khusus di dunia maya demi menyambut hari jadi OPM. Jajaran Kemenkominfo melakukan pemantauan normal selama perayaan hari jadi OPM.

"Persiapannya 7x24 jam setiap hari kami kawal teknologi informasi di Indonesia. Kamu tidur, Kominfo tidak tidur. Benar," tutur dia.

Sekjen Nasdem itu melanjutkan, pembatasan internet hanya dilakukan ketika terjadi kekacauan. Hingga saat ini, pemerintah tidak mencium akan terjadi kekacauan di saat perayaan HUT OPM.

"Hanya pada saat sipil disorder, kekacauan dan pada saat civil disobedience, ya, narkotika, obat terlarang, pornografi, seksual melalui internet, ya, harus dicegah, kan?" pungkasnya. (mg10/jpnn)

Pemerintah menjamin tidak ada pembatasan internet saat peringatan HUT OPM pada 1 Desember.


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News