Tak Bisa Diandalkan, Sudirman Layak Diganti

Tak Bisa Diandalkan, Sudirman Layak Diganti
Menteri ESDM Sudirman Said. Foto : dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menilai Menteri ESDM Sudirman Said patut dicopot oleh Presiden Joko Widodo pada Reshuffle Jilid II. Pasalnya, Sudirman dianggap telah gagal menghalau kepentingan asing di Indonesia.

“Dia (Sudirman) suka membuat suasana gaduh dan kisruh. Menteri yang tak bisa diandalkan melawan kepentingan AS terkait perpanjangan kontrak freeport yang dilakukan secara diam-diam antara eksekutif dengan Freeport,” ujar Pangi di Jakarta, Senin (4/1).

Pangi menyebut surat Sudirman ke Freeport per tanggal 7 oktober 2015 adalah bentuk perselingkuhan antara eksekutif dan pengusaha asing. Sudirman Said, kata dia, seharusnya bertanggung jawab dan mendesak Freeport dengan bersungguh-sungguh membangun Smelter sehingga tidak lagi memberikan izin bahan baku tambang dan mineral (konsentrat) diekspor ke luar negeri.

“Tapi, dosa Sudirman Said membolehkan izin ekspor hanya untuk Freeport,” cetus Pangi.

Ditambahkannya, Sudirman seakan diperdaya Freeport untuk membela kepentingan perusahaan Amerika Serikat itu dan berselingkuh dengan kepentingan nasional. Sementara, bola panas pencatutan nama presiden hanya akal-akalan Sudirman Said untuk menyingkirkan kontestan perebutan saham. (dil/jpnn)


JAKARTA - Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menilai Menteri ESDM Sudirman Said patut dicopot oleh Presiden Joko Widodo pada Reshuffle Jilid


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News