Minggu, 21 Juli 2019 – 12:21 WIB

Tak Efektif, Bubarkan Saja Bawaslu

Rabu, 23 Maret 2011 – 14:09 WIB
Tak Efektif, Bubarkan Saja Bawaslu - JPNN.COM

JAKARTA - Mantan Wakil Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Didi Supriyanto menegaskan jika ternyata Bawaslu tidak efektif dan diberikan kewenangan yang lebih pada permasalahan Pemilu sebaiknya  dibubarkan saja. Sebab, dengan kondisi seperti saat ini, Bawaslu tidak lebih dari lembaga pemantau Pemilu.

“Harusnya memang cepat dievalasi. Apakah peran Pengawas Pemilu selama ini benar-benar signifikan atau tidak,” ujarnya saat menghadiri diskusi yang digelar Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), di Jakarta, Rabu (23/3).

Menurut Didi, sebagai orang yang pernah duduk di kepanitiaan Pengawasan Pemilu Nasional pada tahun 2004, dirinya memandang keberadaan Bawaslu tak ubahnya hanya merupakan lembaga pemantau Pemilu yang ada. Hanya saja bedanya, imbuh dia, kalau pemantau Pemilu bukan dibentuk negara, sedangkan Bawaslu adalah lembaga resmi yang pembentukan dan pembiayaannya oleh negara.

Tapi kewenangan yang dimiliki, tukas Didi lagi menerangkan, hanya sebatas mengawas. Lalu kemudian hasil temuan disampaikan kepada institusi terkait, misalnya ke KPU, Kepolisian, dan Kejaksaan. “Hanya itu saja. Tindaklanjut seterusnya sepenuhnya ada pada masing-masing lembaga tersebut,” katanya.

Karena itu tak heran, ujar Didi, keberadaan Bawaslu sering dianggap sebagai pelengkap penderita dari sebuah proses demokrasi yang digelar di negara bernama Indonesia ini. Keterbatasan kewenangannya membuat Bawaslu tidak dapat berbuat banyak. “Dilembagakan menjadi Badan Pengawas seperti sekarang, kondisinya tetap sama saja,” tandasnya. (mur/jpnn)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar