Tak Ingin Bebani Aparat, Kawan Jokowi tak Akan Turun ke Jalan

Tak Ingin Bebani Aparat, Kawan Jokowi tak Akan Turun ke Jalan
Tak Ingin Bebani Aparat, Kawan Jokowi tak Akan Turun ke Jalan

jpnn.com - JAKARTA - Selasa (22/7) besok, merupakan akhir dari tahapan rekapitulasi dan penetapan pemenang calon presiden dan wakil presiden oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Apapun keputusannya, baik dari kubu yang menang maupun kalah diminta untuk tetap menghormati keputusan KPU.

Demikian halnya sikap yang akan ditunjukkan oleh relawan Jokowi-JK yang tergabung dalam Kawan Jokowi. Dengan alasan keamanan, Kawan Jokowi memilih bersikap pasif atas pengumuman pemenang yang dilakukan penyelenggara pemilu.

"Ada tiga hal mengapa Kawan Jokowi tidak akan turun ke jalan. Pertama KPU belum pasti jam berapa akan melakukan pengumuman, walaupun jam 10. 00 timnas diminta hadir di KPU. Karena itu KPU bisa mengumumkan pagi, siang, sore, atau malam," kata Ketua Umum Kawan Jokowi Diaz Hendropriyono, Senin (21/7).

Kedua kata Diaz, Dari sisi keamanan, Kawan Jokowi tidak ingin membebankan Polda untuk memberi keamanan ekstra. Saat ini Polda telah berkonsentrasi radius 3 blok atau satu kilometer dari KPU. Dari HI sampai TM Suropati. Selain itu, Polda juga akan mengamankan ribuan buruh yang akan turun ke HI.

Menurut Diaz, Kawan Jokowi ingin menurunkan massa ke jalan mengingat sumber daya polda dan konsentrasi akan pecah dgn adanya massa tambahan.

"Ketiga yang paling penting adalah bahwa arahan pak Jokowi sudah jelas sampai saat ini. Relawan tidak ada yang boleh turun ke jalan, selain di poskonya masing-masing. Krn Kawan Jokowi dibuat utk mendukung pak Jokowi, maka apapun arahan beliau akan kita ikuti," pungkas Diaz. (awa/jpnn)


JAKARTA - Selasa (22/7) besok, merupakan akhir dari tahapan rekapitulasi dan penetapan pemenang calon presiden dan wakil presiden oleh Komisi Pemilihan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News