Tak Mungkin 3 Kapolda Intervensi Timsus Polri di Kasus Ferdy Sambo, Kata Bang Edi

Tak Mungkin 3 Kapolda Intervensi Timsus Polri di Kasus Ferdy Sambo, Kata Bang Edi
Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan (HO-Dokumen pribadi)

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan meminta semua pihak berhenti menyampaikan spekulasi liar yang mengaitkan tiga kapolda dengan kasus mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo yang berstatus tersangka pembunuhan berencana Brigadir J.  

Bang Edi, panggilan akrab Edi Hasibuan, mengatakan bahwa tidak mungkin tiga kapolda mengintervensi Tim Khusus (Timsus) Polri yang mengusut pembunuhan Brigadir J tersebut. 

Edi menyebut spekulasi yang menyebutkan tiga kapolda mengintervensi Ketua Tim Khusus Polri yang juga Irwasum Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto dan Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto tidak masuk akal. 

"Ini tidak rasional. Irwasum dan kabareskrim merupakan atasan tiga kapolda ini. Jadi, sangat tidak mungkin mereka (tiga kapolda) intervensi Tim Khusus Polri," katanya saat menyampaikan keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (11/9). 

Akademisi dari Universitas Bhayangkara Jakarta ini juga mengapresiasi  Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo yang sudah menegaskan tidak ada kapolda yang terkait pembunuhan Brigadir J di rumah dinas kepala Divisi Propam, Duren Tiga, Jakarta Selatan, 8 Juli 2022.

"Penjelasan Kadiv Humas Polri sudah tepat agar isu ini tidak liar ke mana-mana. Ini penting untuk menjaga muruah kepolisian di tengah masyarakat," ungkap mantan komisioner Kompolnas itu. 

Bang Edi menyatakan saat ini Polri terus melakukan berbagai pembenahan. Polri juga fokus menyiapkan berkas perkara pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. 

Bang Edi meyakini bahwa Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan terus melakukan berbagai upaya dan pembenahan untuk meraih kembali kepercayaan publik.

Bang Edi meyakini tidak mungkin tiga kapolda mengintervensi Timsus Polri di kasus Ferdy Sambo. Begini alasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News