Tak Pikir Gelar Top Scorer

Tak Pikir Gelar Top Scorer
Selebrasi Christian Gonzales usai merobek jala Filipina di semifinal AFF Suzuki CUP 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. 19 Desember 2010. FOTO : HENDRA EKA/JAWA POS
JAKARTA -- Indonesia tak hanya berpeluang menjadi juara Piala AFF kali pertama. Tetapi, anggota Pasukan Garuda, julukan timnas Indonesia, juga berpeluang mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak (top scorer) di ajang dua tahunan yang mulai dihelat pada 1996 itu.

Hingga menjelang babak akhir, belum ada satu pun pemain yang mendominasi daftar pencetak gol. Terbanyak saat ini adalah penyerang Indonesia Christian Gonzalez dengan tiga gol. Sementara 14 pemain mencetak dua gol dan Indonesia menyertakan lima pemainnya. Yaitu, Irfan Bachdim, M. Ridwan, Arif Suyono, Firman Utina, dan Bambang Pamungkas.

Selebihnya berasal dari Malaysia (tiga pemain), Thailand (satu pemain), Singapura (satu pemain), Vietnam (tiga pemain), dan Filipina (satu pemain). Peluang pemain Indonesia meraih gelar top scorer semakin terbuka setelah memastikan lolos ke partai puncak. Firman dkk masih punya peluang menambah pundi-pundi golnya di dua partai penentu gelar juara.

Meski belum pernah sekali pun merengkuh gelar juara, pemain Indonesia sudah beberapa kali meraih gelar pencetak gol terbanyak. Yaitu, Gendut Doni Christiawan pada 2000 dengan koleksi 5 gol, Bambang Pamungkas ( 2002/8 gol), Ilham Jayakesuma (2004/7 gol), dan Budi Sudarsono (2008/4 gol). Hingga kini, rekor pencetak gol terbanyak digenggam striker Singapura yang merumput di Arema Noh Alam Shah yang membukukan 10 gol di Piala AFF 2007.

JAKARTA -- Indonesia tak hanya berpeluang menjadi juara Piala AFF kali pertama. Tetapi, anggota Pasukan Garuda, julukan timnas Indonesia, juga berpeluang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News