JPNN.com

Tak Semua Racun Bisa Dinetralisasi Degan Ijo

Sabtu, 28 September 2013 – 16:31 WIB Tak Semua Racun Bisa Dinetralisasi Degan Ijo - JPNN.com
Tak Semua Racun Bisa Dinetralisasi Degan Ijo

AIR degan ijo atau kelapa muda dianggap berkhasiat untuk menawarkan racun. Bahkan, air kelapa muda sering menjadi rujukan pertama bagi pasien karena memang khasiatnya teruji menetralisasi racun.

Menurut spesialis penyakit dalam dari RSUD dr Soetomo dr Erwin Astha Triyono SpPD KPTI FINASIM, air degan ijo mengandung beberapa zat berkhasiat. Di antaranya, 2,7 persen gula, 0,55 persen protein, 0,74 persen lemak, serta 0,46 persen mineral.

Sementara jenis gula yang terkandung adalah glukosa, fruktosa, dan sukrosa. "Nah, gula inilah yang diperlukan oleh tubuh untuk menetralisasi racun," ujarnya.

Namun, tidak semua racun bisa diserap air degan ijo. Seperti metanol atau hidrogen peroksida. "Kalau alkohol, masih bisa diserap ya. Namun, untuk racun yang mengandung metanol, air kelapa tidak bisa melakukan itu," imbuhnya.

Itu terjadi karena zat yang terkandung di metanol sangat jahat dan hanya bisa diserap dengan cuci darah atau penggunaan antidote (cairan penawar racun yang disuntikkan dalam tubuh). Erwin menggambarkan kasus kematian akibat miras yang terjadi di metropolis beberapa pekan terakhir. Itu adalah bukti metanol tidak bisa ditaklukkan air degan ijo. Padahal, saat itu beberapa korban sudah mengonsumsi air degan ijo dalam jumlah banyak per harinya.

Ucapan Erwin sama dengan pengakuan korban selamat. Misalnya, yang disampaikan Naryo, 45, warga asal Pakis Wetan. Pascapesta miras, dia mengeluh seluruh tubuhnya sangat nyeri. Pandangan matanya tidak bisa melihat dalam jarak normal.

Sebagai orang awam, akhirnya dia mengonsumsi air dari delapan buah degan ijo setiap hari. Tapi, kondisinya tak juga membaik. "Waktu itu, saya minum sampai delapan degan ijo. Bukannya malah baik, hasilnya sama saja. Maka, saya putuskan berhenti minum air kelapa dan pergi ke rumah sakit," ujarnya.

Pengakuan korban selamat itu memang menjadi bukti bahwa anggapan masyarakat tentang khasiat air kelapa muda dalam mengatasi racun tidak selamanya benar. Erwin kembali menjelaskan, seseorang yang terkena racun hendaknya segera memeriksakan diri ke rumah sakit untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat. (dha/c6/ayi)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara