Tinggi Pria Eropa Naik 11 Cm Dalam Satu Abad

Tinggi Pria Eropa Naik 11 Cm Dalam Satu Abad
Tinggi Pria Eropa Naik 11 Cm Dalam Satu Abad

jpnn.com - BERBADAN tinggi dengan tulang yang terlihat kuat dan tebal adalah ciri pria bule dari Eropa. Tapi tahukah anda bahwa rata-rata tinggi badan mereka bertambah 11 cm dalam waktu satu abad.

Rata-rata pria Eropa tumbuh dengan mengejutkan, yaitu 11 cm dari tahun 1870 sampai 1980. Peningkatan tinggi ini merefleksikan peningkatakn kesehatan yang signifikan di seluruh wilayah. Hal tersebut diungkapkan penelitian baru yang dipublikasikan pada Senin lalu.

Berlawanan dengan apa yang diharapkan, penelitian juga menemukan bahwa rata-rata ketinggian meningkat pada masa perang dunia kedua dan saat Great Depression. Padahal kala itu pasar saham jatuh, diikuti meningkatnya kemiskinan, terjadi penjatahan makanan dan kesulitan lain yang diduga bakal membatasi pertumbuhan masyarakat.

Pertambahan tinggi yang cepat pada masa itu mungkin dikarenakan orang-orang memutuskan untuk memiliki sedikit anak. Para peneliti juga mengatakan ukuran keluarga yang lebih kecil terkait dengan peningkatan rata-rata tinggi badan.

"Peningkatan perawakan manusia adalah indikator kunci dari perbaikan dalam rata-rata populasi kesehatan manusia," kata profesor eknomi di Britain's Uniiversity of Essesx , Timothy Hatton, seperti dilansir laman thestar, Kamis (26/9).

Ia menyebutrkan bukti, yang mana menunjukkan rata-rata ketinggian pria Eropa meningkat dari 167 cm sampai 178 cm dalam sedikitnya lebih dari 100 tahun. Menurutnya ini terjadi karena lingkungan dari kesehatan yang meningkat dan menurunnya penyakit merupakan faktor tunggal yang paling penting dalam peningkatan tinggi badan.

Penelitian yang dipublikasikan secara online di The Journal Oxford Economic Papers menganalis data rata-rata tinggi pria di berusia 21 dari 1870 sampai sekitar 1980 di 15 negara Eropa. Penelitian tersebut hanya melihat pria, hal ini dikarenakan data historis yang meluas pada tinggi wanita sulit untuk didapatkan.

Untuk dekade terbaru, data pada pria terutama diambil dari survei melalui usia, sementara pada tahun-tahun sebelumnya analisis menggunakan data untuk ketinggian wajib militer dan perekrutan. Peneliti menemukan rata-rata tinggi pria telah tumbuh 11 cm dalam waktu seabad lebih, namun pertambahan tinggi ini berbeda di satu negara dengan negara lainnya.

BERBADAN tinggi dengan tulang yang terlihat kuat dan tebal adalah ciri pria bule dari Eropa. Tapi tahukah anda bahwa rata-rata tinggi badan mereka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News