Takbir! Lebaran Jatuh Pada Jumat 15 Juni

Takbir! Lebaran Jatuh Pada Jumat 15 Juni
Menag Lukman Hakim bersama Ketua MUI Maruf Amin dan Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher saat Jumpa pers Sidang Isbat Awal Syawal 1439 H, Jakarta, Kamis (14/6). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sidang Isbat yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyepakati Idulfitri 1439 H jatuh pada hari Jumat (15/6).

"Sidang Isbat menetapkan 1 Syawal 1439 H jatuh pada Jumat, 15 Juni. Dengan demikian, besok tak lagi berpuasa, seluruh umat muslim menunaikan salat Id," ujar Menag pada konferensi pers di Gedung Kemenag, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/6).

Menurut Lukman, sidang dihadiri sejumlah duta besar negara sahabat, perwakilan dari BMKG, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), tim Hisab dan Rukyat Kemenag dan sejumlah perwakilan ormas Islam di Indonesia.

Peserta sidang terlebih dahulu mendengar hasil pemantauan petugas rukyat di 97 titik yang tersebar di 34 provinsi.

"Tadi dipaparkan posisi hilal antara 6 derajat 4 menit sampai 7 derajat 34 menit. Informasi terkait perhitungan hisab dikonfirmasi petugas rukyat yang kami tempatkan di berbagai daerah untuk melakukan pemantauan," ucapnya.

Menurut Lukman, sampai menjelang sidang isbat dibuka, pihaknya menerima setidaknya 12 kesaksian dari petugas rukyatul hilal, antara lain dari Manado, Palu, Gresik, DI Yogyakarta dan Jakarta Utara.

"Ke-12 pelaku rukyat yang bertugas di bawah sumpah seluruhnya menyatakan kesaksian melihat hilal," pungkas Lukman. (gir/jpnn)


Sidang Isbat menetapkan 1 Syawal 1439 H jatuh pada Jumat, 15 Juni. Peserta sidang terlebih dahulu mendengar hasil pemantauan petugas rukyat di 97 titik.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News