Taliban Kembali Berulah, Kunduz Mendadak Jadi Kota Mati

Taliban Kembali Berulah, Kunduz Mendadak Jadi Kota Mati
Anggota Taliban. Foto: Reuters

jpnn.com, KABUL - Iming-iming penarikan pasukan Amerika Serikat ternyata tak cukup untuk menenangkan dua kubu bertikai di Afghanistan. Hari ini, Sabtu (31/8), pasukan Taliban menyerang Kota Kunduz di Afghanistan bagian utara.

Pertempuran sengit berlangsung di Kota Kunduz setelah kelompok Taliban menggencarkan serangan dari sejumlah arah. Aksi ofensif tersebut memaksa pasukan Afghanistan melakukan balasan guna menghadang pemberontak merebut kendali atas sebagian kota tersebut.

Listrik dan sebagian besar layanan telepon di kota tersebut putus. Warga pun berlindung di rumah mereka.

"Kota tersebut benar-benar kosong, toko-toko dikunci, orang-orang tidak bergerak, senjata ringan dan berat dapat terdengar di sejumlah bagian kota," kata warga setempat, Khaluddin.

BACA JUGA: Menhan Taliban Tewas Dibunuh Drone NATO

Pejabat pemerintah di Kunduszdan melaporkan Taliban berupaya sembunyi di dalam rumah. Taktik yang membuat pasukan AS dan Afghanistan tak mungkin melancarkan serangan udara.

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri Afghanistan menyebutkan sedikitnya 34 pemberontak Taliban tewas dalam operasi darat dan udara di tiga titik di Kota Kunduz.

"Pasukan keamanan menangkis serangan Taliban di bebarapa wilayah di Kota Kunduz. Prioritas utama mereka adalah melindungi warga sipil," kata Sediq Sediqqi, juru bicara Presiden Afghanistan Ashraf Ghani.

Hari ini, Sabtu (31/8), pasukan Taliban menyerang Kota Kunduz di Afghanistan bagian utara.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News