Taliban Serang Istana Presiden

Taliban Serang Istana Presiden
Taliban Serang Istana Presiden
KABUL – Pemberontak Taliban berhasil menyusup dan menyerang kompleks Istana Kepresidenan Afghanistan. Presiden Hamid Karzai yang sedang di dalam istana selamat. Diperkirakan, Taliban ’’hanya’’ menarget markas CIA di Ariana Hotel di kawasan kompleks dengan penjagaan paling ketat di Kabul tersebut.

Polisi memastikan, empat pemberontak dan tiga personel pengamanan istana tewas dalam serangan yang dimulai pukul 06.30 waktu setempat itu. Taliban langsung mengklaim serangan tersebut. Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid melalui pesan pendeknya menyatakan, sejumlah militan menyerang istana presiden, kementerian pertahanan, dan Ariana Hotel. Kelompok militan itu menyatakan delapan penyerang tewas dalam operasi Selasa (25/6) waktu setempat.

Sejumlah militan yang menggunakan kartu identitas palsu dan mengenakan seragam militer Afghanistan berhasil lolos dari dua pos pemeriksaan di kompleks istana. Mereka kemudian meloncat dari dalam mobil yang dipenuhi bahan peledak dan melepaskan tembakan ke arah penjaga. Satu kendaraan lainnya terjebak di antara dua pos penjagaan dan meledakkan bom di dalamnya. Kementerian Dalam Negeri menyatakan, satu penjaga terluka.

Terjadi kontak senjata antara militan dan personel penjaga Istana Presiden. Kondisi baru bisa dikuasai setelah terjadi kontak senjata selama dua jam.

Insiden tersebut merupakan serangan terbaru dari serangkaian kekerasan di Kabul dalam beberapa bulan terakhir. Sebelumnya, sebuah aksi bom bunuh diri di Kabul menarget seorang politikus ternama yang terjadi 18 Juni. Insiden itu hanya berselang beberapa jam sebelum NATO secara resmi menyerahkan tanggung jawab keamanan sepenuhnya kepada tentara Afghanistan.

KABUL – Pemberontak Taliban berhasil menyusup dan menyerang kompleks Istana Kepresidenan Afghanistan. Presiden Hamid Karzai yang sedang di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News