Taman Safari Cisarua Punya Pabrik Kertas Berbahan Kotoran Gajah

Kualitas Produk Bergantung Rumput yang Dimakan

Taman Safari Cisarua Punya Pabrik Kertas Berbahan Kotoran Gajah
Contoh serat dari kotoran gajah yang sudah dibersihkan dan siap diolah menjadi kertas di pabrik di Poo Paper & Composting Taman Safari Indonesia, Cisarua, Kab. Bogor. Foto: Hilmi Setiawan/Jawa Pos
Kampanye nol sampah atau zero waste untuk menyelamatkan bumi terus digalakkan. Misalnya, yang dilakukan Taman Safari Indonesia, Cisarua, Kabupaten Bogor. Mereka memanfaatkan kotoran gajah menjadi kertas yang layak pakai.

 

 M. HILMI SETIAWAN, Bogor

 

NYANYIAN aneka burung terdengar saling bersahutan di salah satu sudut Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua, Kabupaten Bogor, Jumat (9/11). Suasana itu ikut menandai prosesi peresmian Poo Paper and Composting, instalasi pengolahan kertas berbahan dasar kotoran gajah.

Acara peresmian diawali dengan pengalungan untaian bunga kepada Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya. Menariknya, yang mengalungkan adalah Ruri, salah seekor gajah koleksi TSI. Tepuk tangan diberikan kepada gajah pandai tersebut.

Kampanye nol sampah atau zero waste untuk menyelamatkan bumi terus digalakkan. Misalnya, yang dilakukan Taman Safari Indonesia, Cisarua, Kabupaten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News