Tambah Beli Pesawat dari Sisa IPO

Tambah Beli Pesawat dari Sisa IPO
Tambah Beli Pesawat dari Sisa IPO
TANGERANG - PT Garuda Indonesia akan menambah jumlah pesawat yang dibeli tahun ini. Dana pembelian tersebut berasal dari sisa hasil initial public offering (IPO) sebesar Rp 1,397 triliun. Awalnya, maskapai plat merah tersebut hanya membeli 10 unit Boeing 737-800NG, 10 unit Boeing 777-300 ER, 6 unit Airbus 330-200, 5 unit pesawat tipe narrow-body untuk Citilink, dan 5 unit pesawat tipe Sub-100. Dengan penambahan ini, maka Boeing 737-800 NG yang dibeli jadi 20 unit, A330-200 24 unit, pesawat Narrow Body 25 unit, dan Sub-100 18 unit.

Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan, penambahan jumlah pesawat yang dibeli merupakan perubahan penggunaan hasil dana IPO yang telah disetujui pemegang saham saja. Awalnya, 80 persen untuk pengembangan armada. "Penggunaan dana ini kita dapat pesawat yang lebih banyak. Alasannya karena kondisi pasar yang berubah. Awalnya penambahan dengan sewa operasi tapi dalam perkembangan ada masalah. Makanya pakai pembelian langsung untuk dapat delivery slot," ujar Emirsyah usai rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) di Kantor Pusat Garuda Indonesia, Tangerang.

Dijelaskan Emirsyah, dana bersih hasil IPO sampai 31 Desember 2011 mencapai Rp 3,187 triliun. Dana yang terpakai untuk realisasi pengembangan armada Rp 1,152 triliun. Sedangkan untuk belanja modal Rp 255 miliar. Sehingga total dana penawaran saham perdana yang belum dipakai Rp 1,779 triliun.

"Di mana dana IPO pengembanagn armada baru Rp 1,397 triliun yang belum terealisasikan. Dengan dana yang sama kita dapat pesawat yang lebih banyak dan bagus," ungkap Emirsyah. Menurut Emirsyah, penambahan armada tersebut karena perseroan melihat pertumbuhan pasar dan traffic penerbangan yang lebik baik. Karakteristik penumpang juga disesuaikan dengan tipe pesawat.

TANGERANG - PT Garuda Indonesia akan menambah jumlah pesawat yang dibeli tahun ini. Dana pembelian tersebut berasal dari sisa hasil initial public

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News