Tampil Memikat di UI, Ganjar Buktikan Diri Jadi Pelayan Rakyat, Bukan Petugas Partai

Tampil Memikat di UI, Ganjar Buktikan Diri Jadi Pelayan Rakyat, Bukan Petugas Partai
Bakal capres untuk Pilpres 2024 Ganjar Pranowo seusai mengisi Kuliah Kebangsaan di FISIP Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Senin (18/9). Foto: Instagram/ganjar_pranowo

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ari Junaedi menilai paparan dan penampilan Ganjar Pranowo dalam Kuliah Kebangsaan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) menunjukkan bakal capres Pilpres 2024 itu mampu membuktikan diri bukan semata-mata petugas partai.

Direktur Eksekutif Nusakom Pratama Institut tersebut menyebut jawaban Ganjar atas pertanyaan-pertanyaan kritis yang dilontarkan dosen maupun mahasiswa UI menunjukkan mantan gubernur Jawa Tengah tersebut merupakan pelayan rakyat sejati.

Menurut Ari, selama ini istilah 'petugas partai' memang dianggap hal sensitif, terutama bagi Ganjar sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang kini menjadi bakal capres dari parpol pimpinan Megawati Soekarnoputri itu.

"Pertanyaan yang sensitif, seperti kekhawatiran soal nantinya hanya akan menjadi 'boneka Megawati', ternyata dijawab Ganjar dengan pengalamannya selama sepuluh tahun memimpin Jawa Tengah," ujar Ari kepada JPNN.com, Senin (18/9) petang.

Tampil Memikat di UI, Ganjar Buktikan Diri Jadi Pelayan Rakyat, Bukan Petugas Partai
Direktur Eksekutif Nusakom Pratama Institut Ari Junaedi.

Dosen komunikasi politik di sejumlah universitas ternama itu menambahkan Ganjar jelas mampu menguasai panggung di FISIP UI. Ganjar, kata Ari, bisa menjawab berbagai pertanyaan dengan data konkret.

“Ganjar begitu piawai mengendalikan emosi ketika harus menjawab pertanyaan-pertanyaan kritis dari mahasiswa. Tidak dengan gaya menghardik apalagi mencengkeram dan menampar, Ganjar menjawab runtut dengan pembawaan santai," tutur Ari.

Mantan wartawan itu menyebut penampilan Ganjar yang tenang dan santai tidak terlepas dari jam terbangnya sebagai aktivis, legislator di DPR, lalu masuk ke birokrasi.

Ganjar Pranowo dinilai mampu tampil memikat dan lepas dari stigma petugas partai saat menjadi pembicara pada Kuliah Kebangsaan di FISIP UI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News