Tanah Bergeser, Puluhan Jenazah Dipindah

Tanah Bergeser, Puluhan Jenazah Dipindah
Petugas memindahkan jenazah. Foto: Radar Sukabumi

jpnn.com, SUKABUMI - Puluhan jenazah di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Gunungbatu Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Sukabumi, terpaksa dipindahkan. Lantaran TPU milik masyarakat tersebut tergerus oleh bencana pergerakan tanah.

“Ada 20 jenazah di TPU Gunungbatu telah kami evakuasi ke pemakaman keluarganya masing-masing. Karena kondisi TPU tanahnya hancur tergerus tanah hingga ketinggan lebih 1 meter,” kata Kepala Desa Kertaangsana Agus Sudrajat dilansir Radar Sukabumi, Rabu (1/5).

BACA JUGA: Ada Proyek Tol, 678 Jenazah Pindah Tempat

Lokasi pemakaman TPU merupakan zona utama pergerakan tanah yang lokasinya berada di atas jalan provinsi. “Memang bencana ini, sebelum menerjang pemukiman penduduk, terlebih dahulu telah menerjang TPU,” imbuhnya.

Saat ini, pemerintah Desa Kertaangsana bersama Muspika Kecamatan Nyalindung dan BPBD Kabupaten Sukabumi, tengah melakukan penyisiran di lokasi TPU itu.

“Masih banyak jenazah yang belum dievakuasi. Kami kesulitan, karena kondisi TPU ini sudah tua dan banyak pemakaman yang sudah tidak ada batu nisannya,” katanya.

BACA JUGA: Warga Muratara Geger, Kuburan Sumarni Dibongkar Orang tak Dikenal

Koordinator Pusdalops PB BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan, saat ini kondisi retakan tanah di kampung tersebut semakin meluas.

Lokasi pemakaman TPU merupakan zona utama pergerakan tanah yang lokasinya berada di atas jalan provinsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News