Tanah dari Kampung Akuarium Dibawa Anies ke IKN, Warga: Satu Titik Saja, Kami Gembira Banget

Tanah dari Kampung Akuarium Dibawa Anies ke IKN, Warga: Satu Titik Saja, Kami Gembira Banget
Tangkapan layar instagram Anies Baswedan yang memperlihatkan sejumlah warga mencangkul tanah di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara untuk keperluan prosesi IKN baru pada Minggu (13/3/2022). ANTARA/ Abdu Faisal

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membawa tanah dari Kampung Akuarium, Jakarta Utara, ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Warga RT 012/RW04 Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakut, sangat senang atas pilihan Anies Baswedan mengambil tanah dari Kampung Akuarium untuk keperluan prosesi penyatuan tanah dan air di IKN yang baru. 

"Sangat senang mewakili DKI, gembira banget. Setidaknya ada pesan moral yang disampaikan di ibu kota negara bagaimana benar-benar tidak semena-mena pemerintah di sana untuk masyarakat kecil," kata Ketua RT 01/04 Topas Juanda yang mewakili warga setempat kepada wartawan di Jakarta Utara, Senin (14/3). 

Topas kemudian menunjukkan letak lokasi pengambilan tanah dari Jakarta pada 13 Maret 2022, yang nantinya menjadi simbol dari cita-cita para pendiri negara dalam sila kelima Pancasila tersebut. "Satu titik saja, tepatnya di titik yang saya pegang," kata Topas.

Setiap gubernur di Indonesia ditugaskan untuk membawa tanah dan air dari provinsi masing-masing ke IKN Nusantara

Pada Minggu (13/3) siang, Anies dan 32 gubernur lain se-Indonesia bersama-sama ke titik nol IKN Nusantara di Kaltim untuk menyerahkan tanah dan air tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Anies dalam akun pribadinya di Instagram, yang dipantau Senin, mengatakan tanah Jakarta diambil dari kawasan Kampung Akuarium

Tanah tersebut kemudian disimpan di titik nol IKN baru Indonesia dalam wadah yang dinamakan Kendi Nusantara.

Warga merespons pilihan Anies Baswedan membawa tanah dari Kampung Akuarium ke IKN Nusantara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News