Anies Ungkap Makna Air dan Tanah yang Dibawa dari Kampung Akuarium ke IKN

Anies Ungkap Makna Air dan Tanah yang Dibawa dari Kampung Akuarium ke IKN
Tangkapan layar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjukkan tanah yang diambil dari Kampung Akuarium, Jakarta Utara, untuk dibawa ke IKN Nusantara, Minggu (13/3/2022) pukul 18.00 WIB. ANTARA/Instagram/@aniesbaswedan/Dewa

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengikuti acara penyatuan air dan tanah dari 34 provinsi di Indonesia bersama Presiden Joko Widodo di lokasi yang akan dibangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (14/3). 

Anies Baswedan mengaku datang dari Jakarta membawa air dan tanah yang secara khusus diambil oleh ibu-ibu dari Kampung Akuarium, Jakarta Utara, kemarin. Anies pun mengungkap makna dari air dan tanah yang dibawanya dari Kampung Akuarium, Jakarta Utara, itu. 

“Kami dari Jakarta membawa air dan tanah yang secara khusus kemarin diambil oleh ibu-ibu di Kampung Akuarium di Jakarta Utara, membawa harapan bahwa kota baru yang akan dibangun ini yang nantinya akan menjadi ibu kota bisa mengedepankan dan memprioritaskan bagi rakyat kebanyakan,” kata Anies dalam keterangan yang disaksikan melalui kanal Sekretariat Presiden RI di YouTube, Jakarta, Senin (14/3).

Dia melanjutkan masyarakat di Kampung Akuarium dahulunya tersingkirkan dan termarjinalkan, tetapi sekarang mereka di garis depan dan mendapatkan fasilitas. 

“Ini pesan bahwa republik ini dihadirkan untuk melindungi tumpah darah dan dihadirkan untuk menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” katanya.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu menegaskan harapan tentang keadilan tersebutlah yang dititipkan DKI Jakarta melalui air dan tanah yang dibawanya.

“Semoga yang dibangun ini, yang nantinya menjadi ibu kota, akan bisa menghadirkan pesan utama dan pertama atas pendirian republik ini, yaitu menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Anies.

Lebih lanjut dia menuturkan bahwa bagi Jakarta, pemindahan IKN merupakan peluang untuk makin mempercepat pembangunan di Jakarta sebagai salah satu kota global di dunia yang setara dengan kota-kota global lainnya. 

Anies Baswedan mengungkap makna air dan tanah yang secara khusus diambil oleh ibu-ibu dari Kampung Akuarium, Jakarta Utara ke IKN Nusantara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News