Tanaman Umbi Ini Bisa untuk Kosmetik hingga Farmasi

Tanaman Umbi Ini Bisa untuk Kosmetik hingga Farmasi
Kementerian Pertanian (Kementan) memperkenalkan tanaman umbi yang memiliki nilai ekonomis tinggi karena bisa untuk bahan baku kosmetik dan farmasi. Foto: dok Litbang Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) memperkenalkan tanaman umbi bernama Garut.

Koordinator Ubi Kayu dan Aneka Umbi Direktorat Aneka Kacang dan Umbi Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan Cornelia menyebut umbi tersebut memiliki nilai ekonomi tinggi karena bisa menjadi alternatif pangan, bahan baku industri farmasi, dan kosmetik.

Garut adalah pangan lokal yang berpotensi sebagai pangan alternatif.

Tanaman Garut (Maranta arundinacea L) sering disebut irut atau patat dan perlu dilestarikan guna mendukung ketahanan pangan.

"Penggunaannya luas dari pangan, pakan, hingga industri, karena mengandung karbohidrat sangat banyak," kata Cornelia dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (9/10).

Ketua Umum Ikatan Sarjana Wanita Indonesia (ISWI) Retno Sri Endah Lestari menambahkan Umbi Garut sangat aman dan baik dikonsumsi secara luas oleh masyarakat Indonesia.

"Tetapi masih banyak masyarakat yang belum mengenal umbi Garut ini," kata Retno.

Tepung yang dihasilkan dari Umbi Garut mengandung karbohidrat sebanyak 25 hingga 30 persen, dan sisanya berupa protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, serta vitamin C.

Kementerian Pertanian (Kementan) memperkenalkan tanaman umbi yang memiliki nilai ekonomis tinggi karena bisa untuk bahan baku kosmetik dan farmasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News