Sederet Manfaat Umbi Garut, Cocok untuk Penderita Diabetes dan Asam Lambung

Sederet Manfaat Umbi Garut, Cocok untuk Penderita Diabetes dan Asam Lambung
Tanaman umbi garut. Foto: dok Litbang Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Tanaman garut menghasilkan umbi yang bernilai ekonomi tinggi. Umbi garut tidak hanya diolah menjadi pangan, tetapi juga bisa digunakan sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetik.

Koordinator Ubi Kayu dan Aneka Umbi Direktorat Aneka Kacang dan Umbi, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Cornelia mengatakan garut merupakan pangan lokal yang berpotensi sebagai pangan alternatif. Garut perlu dilestarikan guna mendukung ketahanan pangan.

Tanaman garut (Maranta arundinacea L) sering disebut irut atau patat.

"Penggunaannya luas dari pangan, pakan hingga industri karena mengandung karbohidrat sangat banyak," kata Cornelia baru-baru ini.

Ketua Umum Ikatan Sarjana Wanita Indonesia (ISWI) Retno Sri Endah Lestari menambahkan umbi garut sangat aman dan baik dikonsumsi secara luas oleh masyarakat Indonesia.

"Tetapi masih banyak masyarakat yang belum mengenal umbi garut ini," kata Retno.

 Tepung garut mengandung karbohidrat sebanyak 25 persen hingga 30 persen, dan sisanya berupa protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1 serta vitamin C.

"Indeks glikemiknya sangat rendah, sehingga tidak akan memengaruhi kadar gula dalam darah bahkan lebih rendah dari beras, terigu, kentang, dan jenis umbi lain," kata Retno.

Umbi garut tidak hanya diolah menjadi pangan, tetapi juga bisa digunakan sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News