Tanda Alam Isyaratkan DPD Dipimpin Putra dari Timur

Tanda Alam Isyaratkan DPD Dipimpin Putra dari Timur
Tanda Alam Isyaratkan DPD Dipimpin Putra dari Timur

jpnn.com - JAKARTA - Secara geografis putra-putra terbaik bangsa dari kawasan tengah dan barat Indonesia sudah pernah menduduki posisi Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, masing-masing Ginandjar Kartasasmita dan Irman Gusman masing-masing dari Jawa Barat (Jabar) dan Sumatera Barat (Sumbar).

Ginandjar Kartasasmita terpilih jadi Ketua DPD RI pertama yakni periode 2004-2009. Sedangkan Irman Gusman terpilih jadi orang nomor satu di DPD RI untuk masa jabatan periode 2009-2014.

"Kalau melihat tradisi selama 10 tahun yang sudah dibangun secara baik oleh DPD RI, maka untuk periode Ketua DPD RI periode 2014-2019 mendatang, mestinya posisi Ketua DPD RI akan bergeser ke Kawasan Timur Indonesia (KTI)," kata anggota DPD RI Terpilih, Letjen TNI (Marinir) Purn Dr Nono Sampono, kepada wartawan di Jakarta, Minggu (24/8).

Tradisi tersebut lanjut Nono, sepertinya bertemu dengan visi besar Presiden RI Terpilih Joko Widodo (Jokowi) yang akan membangun poros baru Indonesia sebagai Negara Maritim.

"Sepertinya tanda-tanda alam tersebut mengisyaratkan ketika visi tersebut diwacanakan oleh Presiden Terpilih, maka kekuatan politik daerah yang ada di DPD tersebut alangkah baiknya juga dicurahkan untuk isu pembangunan Poros Maritim dalam kerangka NKRI," kata senator terpilih dari Provinsi Maluku itu.

Soal Poros Maritim lanjut mantan Gubernur Akademi Angkatan Laut itu, sesungguhnya merupakan hal utama bagi bangsa dan negara ini. "Poros Maritim itu visi besar di tengah bangsa ini berpikir kontinental. DPD sebaiknya masuk dalam isu besar itu sebab substansi dari Poros Maritim itu adanya di daerah-daerah," pungkasnya.(fas/jpnn)


JAKARTA - Secara geografis putra-putra terbaik bangsa dari kawasan tengah dan barat Indonesia sudah pernah menduduki posisi Ketua Dewan Perwakilan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News