Tangan Nempel Ketiak, Dagu Nempel Leher

Tangan Nempel Ketiak, Dagu Nempel Leher
Tangan Nempel Ketiak, Dagu Nempel Leher

jpnn.com - PURWOKERTO- Biaya kesehatan memang mahal. Karena itulah, Catrik Mastikasari (25), warga RT 2 RW 2 Desa Sudagaran Grumbul Karangrena Kecamatan Banyumas ini tidak bisa berbuat banyak akibat luka bakar sejak lima tahun silam. Karena luka bakar itu ia tidak dapat bekerja maksimal. Terutama karena luka bakar di tangannya.

Luka bakar yang menimpa lebih dari 70 persen menyebabkan kedua tangan yang menempel pada ketiak menyebabkan banyak aktifitas tidak bisa dilakukan. Tidak hanya kehilangan fungsi tangan, luka bakar tersebut juga menjadikan dirinya kehilangan separuh payudara dan menyebabkan telingga yang menyempit.  

Dagunya juga menempel pada leher menjadikan dirinya kesusahan untuk melihat lurus ke depan. "Makan, mandi bisa sendiri tapi repot. Memang sudah tidak terasa sakit, namun jika dipaksakan untuk bergerak normal rasa sakit itu datang lagi," jelas Atik.

Menurut ayah korban, Aman Santoso (67) berbagai upaya telah dilakukan keluarga. Baik penyembuhan medis dan juga penyembuhan dengan menggunakan herbal. Dia merinci, penyembuhan secara medis telah dilakukan selama berbulan-bulan.     

Aman mengatakan, awal terjadi kecelakaan yang menimpa putrinya tersebut dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Margono Soekarjo selama dua bulan. Karena dirasa, terlalu jauh dari rumah Atik dipindahkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyumas.

Permasalahan muncul setelah Atik dipindahkan ke RSUD Banyumas. Perawatan yang dilakukan di RSUD Banyumas sekitar empat bulan, memaksa keluarga Atik mengeluarkan biaya sendiri. "Biaya perawatan semua menjadi tanggung jawab pribadi. Total biaya yang kami keluarkan sekitar Rp 8 juta," terangnya.

Bagi Aman yang berprofesi sebagai tukang becak dan juga istrinya Farida (55) sebagai tukang jamu gendong merasa biaya tersebut sangat besar dan sangat membebani ekonomi keluarganya. Biaya untuk perawatan tidak hanya itu saja, dikatakan dia hingga saat ini Aman masih menunggak biaya perawatan sebesar Rp5,8 juta.

Menurutnya, sekitar empat kali pihak rumah sakit menagih dengan mendatangi rumahnya tersebut. Namun, karena benar-benar tidak memiliki biaya, Aman tidak bisa membayar.     

PURWOKERTO- Biaya kesehatan memang mahal. Karena itulah, Catrik Mastikasari (25), warga RT 2 RW 2 Desa Sudagaran Grumbul Karangrena Kecamatan Banyumas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News