Sabtu, 20 Juli 2019 – 21:15 WIB

Tanggapi Keputusan Bawaslu soal Situng, KPU Bakal Tambah Verifikatur

Jumat, 17 Mei 2019 – 20:00 WIB
Tanggapi Keputusan Bawaslu soal Situng, KPU Bakal Tambah Verifikatur - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana menambah tenaga verifikatur yang akan memverifikasi data C1 sebelum dientri ke laman Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Pemilu 2019. Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, penambahan tenaga verifikatur itu untuk mengantisipasi potensi kesalahan entri data ke Situng.

Ilham mengatakan, penambahan tenaga verifikatur Situng dalam waktu dekat demi akurasi data. “Kami di KPU sudah buat surat kok untuk adanya penambahan verifikatur,” ujarnya di Jakarta, Jumat (17/5).

Baca juga: Putuskan KPU Bersalah, Bawaslu Tetap Tolak Permohonan Tim Prabowo

Lebih lanjut Ilham menjelaskan, Situng adalah bagian dari upaya KPU yang mengedepankan transparansi kepada masyarakat. Sebab, penghitungan resmi suara Pemilu 2019 tidak melalu Situng, melainkan secara manual berjenjang.

“Bahwa situng ini adalah bagian dari transparansi kepemiluan kita‎ saja,” katanya. Baca juga: KPU Diberi Waktu Tiga Hari untuk Perbaiki Kesalahan Input di Situng

Sebelumnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memutuskan KPU bersalah terkait entri data di Situng. Bawaslu memerintahkan KPUmemperbaiki kesalahan-kesalahan data.

“Memerintahkan KPU untuk memperbaiki tata cara dan prosedur dalam input data dalam situng,” kata komisioner Bawaslu Abhan saat memimpin sidang dugaan pelanggaran administratif di Jakarta, Kamis (16/5).(jpc/jpg)

Sumber : JawaPos.Com
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar