Tangkal Virus Corona, Hasto Ajak Terapkan 8 Fungsi Keluarga

Tangkal Virus Corona, Hasto Ajak Terapkan 8 Fungsi Keluarga
Upaya mencegah terjangkiti virus corona (COVID-19), warga menggunakan masker, di kawasan MH. Thamrin, Jakarta, Selasa (3/3). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo merespons cepat arahan Presiden Jokowi dalam menghadapi pandemi Virus Corona jenis baru, Covid-19.

Dia mengajak seluruh keluarga Indonesia untuk menjalankan Aksi 8 Fungsi Keluarga.

"Mencegah virus Corona mari kita jalankan Aksi 8 Fungsi Keluarga yaitu agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan lingkungan," kata Hasto dalam pernyataan resminya, Selasa (17/3).

Pertama, sebagai makhluk yang beriman agar tidak panik dalam menghadapi musibah, selanjutnya dengan kesalehannya bisa melaksanakan amalan untuk menjaga kesehatan, kebersihan dan saling membantu.

Kedua, sebagai makhluk sosial dan budaya, berinteraksi, dan beradaptasi dengan sesama, peduli dan cinta tanah air dengan bergotong-royong menjalankan arahan dan petunjuk pemerintah.

Ketiga, sebagai wadah bersemainya kehidupan penuh cinta kasih lahir dan bathin, keluarga harus berempati, menolong dan ikut bertanggung jawab untuk tidak menjadi perantara virus dan penyakit.

Keempat, keluarga sebagai tempat perlindungan bagi seluruh keluarga harus membangun rasa aman dan nyaman serta tedindungi dari paparan virus penyakit. Sikap tanggap terhadap ancaman dengan mengurangi aktivitas di keramaian dan jaga jarak dari orang yang sedang batuk atau flu.

Kelima, keluarga sebagai kesinambungan generasi harus terjaga dari ancaman yang menurunkan kualitas kesahatan. Khusus kepada anak balita, ibu hamil dan lanjut usia agar menjaga kesehatan, meningkatkan imunitas dengan mengurangi aktifitas di luar rumah.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengajak seluruh keluarga Indonesia untuk menjalankan Aksi 8 Fungsi Keluarga untuk menghadapi pandemi Virus Corona jenis baru, Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News