Tangkap 15 WNA Taiwan, Polisi Sleman Butuh Juru Terjemah

Tangkap 15 WNA Taiwan, Polisi Sleman Butuh Juru Terjemah
15 WNA Taiwan ditangkap Polres Sleman. Foto: dok/Radar Jogja/JPG

jpnn.com - SLEMAN - Polres Sleman berhasil mengamankan 15 WNA asal Taiwan di sebuah rumah empat lantai di Jalan Kaliurang Km 16, Dusun Degolan, Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman, Kamis (3/12) kemarin.

Kapolres Sleman, AKBP Faried Zulkarnain menjelaskan, penggerebekan dilakukan setelah memperoleh laporan masyarakat lantaran penghuni rumah tersebut tak pernah melakukan sosialisasi dengan warga sekitar. Saat hendak masuk ke rumah itu, diduga tiga dari 15 orang itu berusaha kabur dengan lompat dari lantai dua.

"Dari 15 orang yang diamankan, tiga orang lainnya dibawa ke rumah sakit karena mengalami luka di bagian kaki akibat lompat dari lantai dua," kata Faried, seperti dikutip dari Radar Jogja, Sabtu (5/12).

Faried mengatakan, pasca penggrebekan, kepolisian menemukan sejumlah barang bukti berupa ponsel, sejumlah Simcard, Rooter Wifi, CCTV dan sembilan pasport.

Dia juga mengaku masih harus memastikan masih berlakunya dan keaslian paspor milik para WNA tersebut. Terlebih, jumlah pasport yang ditemukan tidak sesuai dengan WNA yang diamankan. "Nanti kami cek sesuai dengan namanya atau tidak. Kami masih melakukan pemeriksaan," terangnya.

Selanjutnya Faried mengungkapkan, polisi akan melakukan koordinasi dengan pihak keimigrasian. Dari keterangan orang yang mencarikan tempat tinggal, Dewi, polisi memperoleh keterangan para WNA mulai mengontrak di rumah tersebut sekitar bulan Mei oleh seseorang inisial A. "Ada komunikasi terakhir antara A dengan Dewi sekitar pertengahan November. Setelah itu tidak ada komunikasi," ujarnya.

Polisi menduga, belasan WNA yang diamankan merupakan sindikat penipuan. "Terus masih kami dalami, tetapi dari barang bukti yang kami dapatkan, dugaanya mengarah ke penipuan pulsa online," kata dia.

Polisi, lanjutnya, masih kesulitan untuk mengorek keterangan dari para WNA tersebut lantaran terkendala bahasa. Pasalnya, tak satupun dari mereka yang bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris ataupun Indonesia.

SLEMAN - Polres Sleman berhasil mengamankan 15 WNA asal Taiwan di sebuah rumah empat lantai di Jalan Kaliurang Km 16, Dusun Degolan, Umbulmartani,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News