Tanoto Foundation Melatih 800 Fasilitator Tanggulangi Learning Loss jelang PTM Terbatas

Tanoto Foundation Melatih 800 Fasilitator Tanggulangi Learning Loss jelang PTM Terbatas
Sekitar 800 fasilitator guru dan kepala sekolah dilatih Tanoto Foundation menyelenggarakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Foto: dok TF

jpnn.com, JAKARTA - Tanoto Foundation melatih lebih dari 800 fasilitator guru dan kepala sekolah dalam memfasilitasi pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan tahun ajaran baru pada Juli 2021 mendatang.

Terutama dalam membantu sekolah dan madrasah menanggulangi learning loss atau penurunan kemampuan belajar siswa akibat dampak dari PJJ yang berkepanjangan.

Direktur Program PINTAR Tanoto Foundation M Ari Widowati menyebut pada Juni ini para fasilitator di 25 kabupaten/kota mitra dilatih selama empat hari secara synchronous (tatap maya) dan asynchronous (berlatih mandiri).

“Mereka kami latih menggunakan Modul Penyelenggaraan Pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang diadaptasi dari panduan yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek,” kata Ari pada Kamis (25/6).

Peserta difasilitasi untuk mampu mengidentifikasi kemampuan belajar setiap individu siswa dan cara memberikan pembelajaran berdiferensiasi.

Metode ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan belajar siswa.

"Pada Juli, para fasilitator terpilih akan melatih dan mendampingi para guru dan kepala sekolah di 843 sekolah dan madrasah mitra yang tersebar di lima provinsi, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Jawa Tengah, dan Kalimantan Timur," kata Ari lagi.

Kepala sekolah diharapkan bisa menyiapkan PTM terbatas mulai dari melengkapi persyaratan administratif, memastikan sarana dan prasarana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News