Tanpa Ketuanya, BK DPR Tetap ke Yunani

Tanpa Ketuanya, BK DPR Tetap ke Yunani
Tanpa Ketuanya, BK DPR Tetap ke Yunani
JAKARTA - Tanpa keikutsertaan Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR, sebanyak 8 (delapan) anggota BK DPR, 23 Oktober 2010 mendatang tetap akan bertolak ke Yunani. Mereka bakal menetap selama enam hari di Yunani, dengan alasan ingin mempelajari tata cara dan beretika anggota dewan di Yunani.

"Selaku Ketua BK, saya tidak akan melarang mereka untuk bertolak ke Yunani. Tapi saya tidak ikut, karena substansi yang akan dicari ke Yunani itu sesungguhnya bisa diperoleh di Kedutaan Yunani di Jakarta," tegas Gayus Lumbuun, di DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (19/10).

Menurut politisi PDIP itu, keberangkatan BK ke Yunani sebetulnya adalah keputusan BK DPR periode lalu. Tentunya juga, sudah sesuai dengan tata cara, izin dan sebagainya. Meski demikian katanya, studi banding yang dimaksudkan untuk memperbaiki sistem kode etik dewan itu, hendaknya mempertimbangkan efisiensi dan efektivitasnya. "Kalau hanya soal tata cara dan etika, cukup ke kedutaan atau konjennya yang ada di sini," katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua BK DPR Nudirman Munir mengatakan, pentingnya BK DPR RI mengunjungi Yunani adalah karena parlemennya merupakan yang tertua di dunia. "Jadi kita harus melihat langsung aktivitas dan kerja para anggota parlemen Yunani. Tidak bisa melalui internet atau mengumpulkan data tertulis saja. Untuk itulah anggota BK harus datang dan melihat langsung," tegasnya.

JAKARTA - Tanpa keikutsertaan Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR, sebanyak 8 (delapan) anggota BK DPR, 23 Oktober 2010 mendatang tetap akan bertolak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News