Target Dua Medali Emas di APhO XI

Target Dua Medali Emas di APhO XI
Target Dua Medali Emas di APhO XI
JAKARTA - Sebanyak delapan siswa SMA akan dikirim ke ajang Olimpiade Fisika Asia ke-11 atau 11th Asian Physics Olympiad (APhO) pada 23 April sampai 1 Mei 2010 di Taipei, Taiwan. Mereka terpilih mewakili Indonesia setelah lolos seleksi mulai dari tingkat sekolah, kabupaten dan provinsi.

"Kalian semua menjadi duta bangsa Indonesia untuk mendapatkan penghargaan yang terbaik. Ke depan, saudara harus tetap berjuang belajar setelah mendapatkan medali-medali," kata Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kemdiknas, Suyanto, pada pelepasan Tim Olimpiade Fisika Indonesia di Kemdiknas, Jakarta, Kamis (15/4).

Suyanto mengatakan, bagi para peserta yang meraih medali emas, kelak akan mendapatkan penghargaan Satyalancana Wira Karya dari Presiden. "Tidak itu saja, kalian yang punya medali emas diberi beasiswa oleh negara untuk menyelesaikan pendidikan sampai doktor di manapun anda mau. Harvard (University) boleh, MIT (Massachusetts Institute of Technology) juga boleh," katanya.

Sementara itu, Pimpinan Tim Hendra Kwee menyebutkan, dalam event ini saingan terberat Indonesia adalah Taiwan dan Cina. Namun katanya pula, tim Cina belum mengkonfirmasi kehadirannya pada ajang itu. Dia mengatakan lagi, pada penyelenggaraan tahun lalu di Thailand sendiri, Tim Indonesia meraih dua medali emas. Sedangkan untuk tahun ini, Indonesia ditargetkan meraih dua medali emas. "Kita cukup optimis dapat dua," katanya.

JAKARTA - Sebanyak delapan siswa SMA akan dikirim ke ajang Olimpiade Fisika Asia ke-11 atau 11th Asian Physics Olympiad (APhO) pada 23 April sampai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News