APBN Berubah, Anggaran Diknas Bertambah

Gaji Guru PNS Akan Naik, Siswa TK dan SD Diberi Makanan Bergizi

APBN Berubah, Anggaran Diknas Bertambah
APBN Berubah, Anggaran Diknas Bertambah
JAKARTA - Karena Undang-Undang Dasar 1945 sudah mengamanatkan anggaran pendidikan minimal 20 persen dari APBN, maka perubahan yang terjadi di APBN-P 2010 juga berimbas pada bertambahnya anggaran Pendidikan Nasional. Di APBN-P 2010, anggaran pendidikan dipastikan naik Rp11,9 triliun dari Rp209,5triliun di APBN menjadi Rp221,4 triliun di APBN-P 2010.

      

"Untuk melaksanakan amanat UU, maka kenaikan pendidikan mendapat kenaikan yang cukup besar, sampai Rp11,9 triliun. Setiap kali APBN kita naik, maka pendidikan akan mendapat kabar baik," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani saat menyampaikan materi APBN-P 2010 di Badan Anggaran DPR RI, Jumat (9/4).

      

Dengan tambahan alokasi yang tidak sedikit itu, pemerintah pun telah mengatur beberapa skema. Di antaranya, kata Menkeu, dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan menambah berbagai program pendidikan. Alokasi anggaran nantinya juga ditujukan untuk membayar kekurangan ataupun tunggakan yang sudah menjadi tanggungjawab pemerintah.

      

"Di antaranya penghasilan guru PNS akan ditambah, juga untuk tunggakan tunjangan profesi guru. Selain itu akan dibangun pendidikan tinggi kementrian perhubungan. Alokasi anggaran ini nantinya melalui belanja pemerintah pusat, transfer ke daerah dan berbagai pembiayaan," papar Menkeu.

JAKARTA - Karena Undang-Undang Dasar 1945 sudah mengamanatkan anggaran pendidikan minimal 20 persen dari APBN, maka perubahan yang terjadi di APBN-P

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News