Target Investasi Sektor Minerba Terlampaui

Target Investasi Sektor Minerba Terlampaui
Target Investasi Sektor Minerba Terlampaui
JAKARTA – Investasi di sektor Mineral dan Batubara (Minerba) sepanjang tahun 2010 ini melampaui target yang telah dicanangkan pemerintah. Dari target US$ 2,502 miliar yang ditetapkan, ternyata investasi yang masuk US$ 3,186 miliar.    

Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Bambang Setiawan, menyatakan, investasi di subsektor pertambangan umum di tahun 2010 ini telah menunjukkan kinerja yang sangat baik. "Total investasi kegiatan Minerba di tahun 2010 ini sebesar US$ 3,186 miliar. Capaian ini melebihi dari target di dalam Rencana Strategi Kementerian ESDM 2010 yakni sebesar US$ 2,502 miliar, masing-masing investasi untuk kegiatan panas bumi sebesar US$ 383 juta mineral dan batubara US$ 2,119 miliar," ucap Bambang kepada wartawan, Rabu (29/12).   

Dikatakannya, total perolehan investasi ini berasal dari para pengusaha Kontrak Karya (KK), Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B), Kuasa Pertambangan (KP) termasuk juga KP BUMN yakni PT Timah Tbk, PT Antam Tbk, dan PTBA Tbk), dan kegiatan Usaha Jasa Pertambangan (UJP) serta dari investasi panas bumi.

Sampai dengan akhir November 2010, capaian investasi di subsektor Minerba baru mencapai US$ 1,865 miliar, dengan rincian dari KK sebesar US$ 1,07 miliar, PKP2B US$ 0,756 miliar dan KP BUMN US$ 0,038 miliar. "Jumlah ini di luar investasi dari Usaha Jasa Pertambangan (UJP) dan KP-KP di daerah," terangya.

JAKARTA – Investasi di sektor Mineral dan Batubara (Minerba) sepanjang tahun 2010 ini melampaui target yang telah dicanangkan pemerintah. Dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News