Target Menang Besar, PDIP Akan Mengerahkan 120 Ribu Saksi Terlatih di Pilkada 2020

Target Menang Besar, PDIP Akan Mengerahkan 120 Ribu Saksi Terlatih di Pilkada 2020
Ilustrasi pilkada. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - DPP PDI Perjuangan (PDIP) memutuskan untuk serius mempersiapkan kekuatan strukturnya dalam pemenangan calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2020 dibanding bermain aktif di media sosial (medsos).

Wasekjen sekaligus Kepala Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) DPP PDIP, Arif Wibowo menyatakan, sembari partai mempersiapkan pengerucutan pasangan calon (paslon) dalam pilkada 2020, juga disiapkan untuk pemenangan.

Ini agar ketika putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming dan para calon kepala daerah lainnya disahkan sebagai calon kepala daerah, mesin pemenangan partai juga sudah panas.

"Kami baru saja menyelesaikan pelatihan pelatih saksi secara berjenjang. Jadi training of trainers. Kader yang menjadi pelatih saksi di tingkat propinsi, mereka baru selesai dilatih di tingkat nasional," kata Arif Wibowo, Senin (10/8/2020).

Para pelatih tingkat nasional itu berjumlah 187 orang. Pelatihan dilaksanakan selama enam gelombang akibat pandemi covid-19.

Biasanya, pelatihan dilaksanakan sekali saja. Namun, karena ketatnya protokol kesehatan, terpaksa pelatihan dilaksanakan dalam enam gelombang tersebut.

"Mereka yang sudah lulus pelatihan ini yang nanti melatih pelatih saksi di tingkat kabupaten/kota. Totalnya secara nasional hingga daerah nanti jumlahnya sekitar 4500 orang," sambung Arif.

Pria yang juga duduk sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR itu menambahkan, pelatihan itu memiliki makna penting.

PDIP akan melatih 120 ribu saksi yang menjadi anggota partai untuk mengawasi pilkada 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News