Target Pertumbuhan Ditopang Penurunan BI Rate

Target Pertumbuhan Ditopang Penurunan BI Rate
Target Pertumbuhan Ditopang Penurunan BI Rate
JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati menilai pertumbuhan investasi dalam negeri akan semakin tinggi dengan diturunkannya suku bunga acuan (BI Rate) Bank Indonesia sebesar 50 basis poin menjadi enam persen, beberapa waktu lalu. Karena kalau BI rate terus turun, bunga perbankan terutama landing rate bakal ikut turun.

"BI pastinya sudah menghitung dengan baik terkait penurunan BI rate ini. Karena, apa yang diputuskan BI dengan menurunkan BI rate 50 basis poin adalah untuk dorong investasi," kata Wamenkeu.

Penurunan BI rate juga bisa dorong investasi sektor riil. Ini yang sangat menggembirakan bagi pemerintah. "Karena untuk tahun depan kita perlu betul penguatan di sektor investasi domestik, plus government expenditure dan consumption. Karena kemungkinan ada koreksi terhadap net ekspor di tahun depan karena situasi perekonomian global yang tidak menentu," katanya.

Dia menjelaskan, meski pertumbuhan perekonomian global diperkirakan semakin melambat pada 2012 akibat krisis keuangan Eropa, tapi pemerintah tetap menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 6,7 persen pada 2012. Karena itu, investasi domestik, plus government expenditure dan consumption harus berjalan dengan baik. "Kalau itu bisa dijaga, dipastikan target pertumbuhan ekonomi tahun depan akan dicapai," kata Anny.

JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati menilai pertumbuhan investasi dalam negeri akan semakin tinggi dengan diturunkannya suku bunga acuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News