Targetkan 19 RPP ASN Tuntas Bulan Ini

Targetkan 19 RPP ASN Tuntas Bulan Ini
Targetkan 19 RPP ASN Tuntas Bulan Ini

jpnn.com - JAKARTA - Indonesia kini sudah memiliki Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun, keberadaan UU itu belum cukup untuk mengatur para pegawai negeri sipil (PNS), karena masih ada 19 aturan yang sifatnya teknis dalam bentuk peraturan pemerintah.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Eko Sutrisno mengatakan, rancangan peraturan pemerintah (RPP) pelengkap UU ASN itu sudah dalam tahap akhir.  "Seluruh RPP ASN akan diselesaikan akhir bulan ini," kata Eko kepada JPNN, Sabtu (17/1).

Salah satu PP yang paling ditunggu-tunggu adalah yang mengatur tentang pengisian jabatan pimpinan tinggi (JPT) melalui seleksi terbuka.  Pasalnya, dalam PP itu dimungkinkan kalangan swasta profesional menduduki JPT yang tidak bisa diisi PNS.

"Seleksi JPT ini melalui sistem seleksi terbuka. Kalangan profesional yang ingin ikut berkompetesi akan diuji secara terbuka," ujar Eko akan memasuki amsa pensiun pada 1 Februari mendatang.

Dia menambahkan, pembahasan pasal-pasal sudah rampung semuanya dan saat ini tinggal harmonisasi saja. Setelah tuntas, RPP itu tinggal ditandatangani Presiden Joko Widodo untuk diterbitkan dan diundangkan.(esy/jpnn)

JAKARTA - Indonesia kini sudah memiliki Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun, keberadaan UU itu belum cukup


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News