Tarian Kolosal Cakalele Raih Rekor MURI

Tarian Kolosal Cakalele Raih Rekor MURI
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpura) RI, Imam Nahrawi disuguhi tarian kolasal Cakalele oleh pelajar berjumlah 1700 siswa untuk pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). FOTO: Malut Post/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpura) RI, Imam Nahrawi melakukan kunjungan kerja di Bumi Saruma, Halmahera Selatan, Maluku Utara, Kamis (23/2) kemarin.

Kunjungan tersebut tak semata-mata untuk pengembangan olahraga, khususnya bola kaki pada usia 14 dan 16 tahun dan Bupati Cup, Bola Voly Wakil Bupati Cup. Namun dalam kesempatan itu, Menpora disuguhi dengan tarian kolasal Cakalele oleh pelajar berjumlah 1700 siswa untuk pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Setelah itu orang satu Kemenpora itu meluangkan waktu meninjau lokasi pengembangan olahraga (GOR) dan bumi perkemahan Pramuka di Desa Panambuang, Kecamatan Bacan Selatan didampini bupati dan wakil bupati Halsel.

Menpora Imam Nahrawi di hadapan bupati menjelaskan Halsel memilki luas wilayah ± 40,236 Km2, yang didiami penduduk ± 264.000, yang terdiri dari 30 kecamatan, dan 249 desa, dengan 400 pulau yang rentan kendali cukup jauh.

Saat ini pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, berupaya melakukan pembinaan serta perhatian kepada atlit-atlit muda dalam 10 cabang olahraga yakni, PSSI, Pelti, PBVSI, PERBASI, PERTINA, PBSI, PTMSI.

Selain itu Pemda Halsel bekerjasama dengan beberapa organisasi kepemudaan yang ada di Halmahera Selatan. Di antaranya KNPI, HMI, PMMI, Karang Taruna, Pramuka, dan Pemda juga menghimpun seluruh aspirasi kepemudaan yang disalurkan untuk ditindaklanjuti.

“Halsel ini memiliki bibit atlet cukup banyak khususnya di bidang olahraga sepak bola. Untuk itu dengan adanya Liga Pelajar usia 14 dan 16 tahun potensi-potensi itu dapat ditingkatkan,” katanya.

Imam Nahrawi juga mengatakan Halmahera Selatan, bukan hanya terkenal dengan batu Bacannya, tetapi terkenal dengan saruma. “Semua masyarakat hidup dengan harmonis, tenteram, bahagia, rukun, sejahtera, damai, bersama-sama memajukan daerah."(ado)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpura) RI, Imam Nahrawi melakukan kunjungan kerja di Bumi Saruma, Halmahera Selatan, Maluku Utara, Kamis (23/2) kemarin.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News