Tarif Pelanggan 450 VA Dipastikan Tidak Naik

Tarif Pelanggan 450 VA Dipastikan Tidak Naik
Tarif Pelanggan 450 VA Dipastikan Tidak Naik
JAKARTA – Pemerintah terus mematangkan rencana kenaikan tarif tenaga listrik (TTL) pada 2012. Khusus untuk pelanggan listrik yang masuk kategori kurang mampu, pemerintah berjanji tidak menaikkan TTL.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Djarman mengatakan, dalam rencana anggaran dan pendapatan belanja negara (RAPBN) 2012, pemerintah memang sudah menyusun skema kenaikan TTL tanpa mengikutkan pelanggan kecil dengan daya 450 volt ampere (VA). ’’Untuk itu, pemerintah mengalokasi subsidi pelanggan 450 VA sebesar Rp 18,55 triliun,’’ ujarnya di Komisi VII DPR kemarin (19/9).

Menurut Djarman, subsidi tersebut dialokasikan untuk lima jenis pelanggan dengan daya 450 VA. Yakni, pelanggan sektor sosial, pelanggan rumah tangga, pelanggan bisnis, pelanggan industri, dan pelanggan dari sektor pemerintahan. ’’Tetapi, subsidi terbesar untuk pelanggan 450 VA tetap diserap oleh pelanggan rumah tangga,’’ katanya.

Data Kementerian ESDM menunjukkan, di antara total alokasi subsidi Rp 18,55 triliun untuk pelanggan 450 VA, Rp 18,28 triliun diserap oleh pelanggan rumah tangga. Jumlahnya 19,70 juta pelanggan.

JAKARTA – Pemerintah terus mematangkan rencana kenaikan tarif tenaga listrik (TTL) pada 2012. Khusus untuk pelanggan listrik yang masuk kategori

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News