Tarik Ulur Program OK Otrip Kebanggaan Bang Sandiaga

Tarik Ulur Program OK Otrip Kebanggaan Bang Sandiaga
Mikrolet 03 jurusan Kp Melayu-Duren Sawit yang menjadi bagian dari uji coba OK Otrip. Foto: M Adil/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Program OK Otrip kebanggaan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno belum berjalan optimal. Minimnya komunikasi antara PT Transjakarta dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dengan pemilik angkutan umum dinilai sebagai kunci.

Pernyataan tersebut diungkapkan Pengamat Transportasi Yoga Adiwinarto kepada INDOPOS, Senin (9/4). Yoga menuturkan, program OK Otrip merupakan sistem pembayaran yang terintegrasi.

Pemilik angkutan umum di Jakarta, menurutnya selama ini hanya bergantung pada sistem setoran. Dengan bergulirnya program OK Otrip tersebut, seolah-olah mereka dipaksa memikirkan komponen-komponen seperti jumlah bahan bakar yang harus digunakan per Kilometer (KM) hingga biaya bensin dan oli.

”Dengan model bisnis OK Otrip ini operator angkutan umum kaget. Mereka kan selama ini hanya terima setoran, sekarang dipaksa memikirkan komponen-komponen dalam program OK Otrip. Kalau berhasil, Pemprov DKI harus mengajak komunikasi operator angkutan umum lagi,” terangnya.

Lebih jauh, Yoga menjelaskan, program OK Otrip cukup efektif melayani masyarakat Jakarta. Apalagi layanan angkutan terintegrasi tersebut menyasar masayarakat hingga ke permukiman. Di tengah banyaknya rute angkutan umum di Jakarta, kurang lebih 150 rute.

”Wilayah jangkuan program ini bagus, apalagi manfaat untuk warga Jakarta cukup besar. Seperti menawarkan tarif yang lebih murah. Tapi tadi, kalau ingin berhasil syaratnya pemilik angkot tradisional harus dirangkul lagi dengan komunikasi yang baik,” katanya.

Terakhir, Yoga mengingatkan kepada Pemprov DKI agar tidak terburu-buru memberlakukan program OK Otrip. Apalagi, menurutnya program OK Otrip ini bisa menjadi andalan di bidang transportasi di Jakarta.

“Pemprov DKI jangan hanya masang target, tanpa melakukan pendekatan ke operator. Ujung-ujungnya kayak sekarang ini, program ini jadi tarik ulur,” tegasnya.

Program OK Otrip kebanggaan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno belum berjalan optimal

Sumber Indopos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News