Tawaran Menarik Kemendikbud bagi Mahasiswa, Ada Bantuan Biaya Hidup dan Potongan UKT 

Tawaran Menarik Kemendikbud bagi Mahasiswa, Ada Bantuan Biaya Hidup dan Potongan UKT 
Mendikbud Nadiem Makarim saat peluncuran program Kampus Mengajar 2021 secara daring. Foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim meluncurkan program Kampus Mengajar 2021. Lewat program ini

Mendikbud mengajak para mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk beraksi, berkolaborasi, dan berkreasi selama 12 minggu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.

Terutama yang berada di daerah 3T, sekaligus mengasah kepemimpinan, kematangan emosional, dan kepekaan sosial.

"Saya minta perguruan tinggi dan dosen mendukung mahasiswanya untuk mengikuti program Kampus Merdeka dan mempermudah konversi SKS, karena Kampus Merdeka adalah hak mahasiswa untuk belajar di luar kampus atau prodinya," tutur Nadiem Makarim ketika meluncurkan program Kampus Mengajar secara daring di Jakarta, Selasa (9/2). 

Pada kesempatan sama, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam mengatakan, bagi mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar ini mahasiswa akan mendapatkan bantuan potongan UKT (uang kuliah tunggal), bantuan biaya hidup, dan konversi SKS sampai dengan 12 SKS.

“Kampus Mengajar akan mencari mahasiswa-mahasiswa yang berdomisili dekat dengan SD sasaran, sehingga program ini tidak akan menyebabkan terjadinya mobilisasi mahasiswa," ujarnya. 

Di samping itu, mahasiswa juga berperan sebagai duta edukasi perubahan perilaku khususnya dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Adapun keuntungan terbesar yang diperoleh bagi perguruan tinggi dari program ini adalah mendukung perguruan tinggi untuk mencapai indikator kinerja utama (IKU) #2, yaitu banyaknya jumlah mahasiswa yang mendapatkan pengalaman di luar kampus. Selain itu, papar Nizam, perguruan tinggi swasta (PTS) tidak perlu khawatir akan kehilangan pemasukan, karena PTS akan tetap dapat memberlakukan uang kuliah semesternya. 

Mendikbud Nadiem Makarim mengajak mahasiswa untuk ikut dalam program kampus mengajar dan akan mendapatkan banyak kompensasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News