TDL Bakal Naik Berjenjang

Pelanggan 450 VA Tak Naik

TDL Bakal Naik Berjenjang
TDL Bakal Naik Berjenjang
BANDUNG - Kenaikan tarif dasar listrik (TDL) per 1 Juli nanti sepertinya tinggal menunggu waktu. Pasalnya, Badan Anggaran DPR telah menyetujui usulan pemerintah. Skema kenaikan TDL pun sudah disusun.

Ketua Badan Anggaran DPR Harry Azhar Aziz mengatakan, Badan Anggaran secara prinsip setuju dengan rencana pemerintah untuk menaikkan TDL. Namun, Badan Anggaran tidak akan menyetujui kenaikan merata 15 persen untuk semua golonga, tapi dengan kenaikan berjenjang. "(Rencana) Itu sudah pembicaraan yang makin mengkristal," ujarnya saat workshop Forum Wartawan Keuangan dan Ekonomi Moneter (FORKEM) tentang APBN 2010 di Bandung kemarin (10/4).

Menurut Harry, skema kenaikan TDL pada dasarnya akan memilah siapa pelanggan yang masih berhak disubsidi dan siapa yang tidak. "Artinya, untuk pelanggan golongan 450 VA yang memang layak disubsidi, tentu tidak akan dinaikkan," katanya.

Harry menyebut, pola kenaikan TDL akan berjenjang, dari mulai pelanggan 450 VA dengan kenaikan 0 persen, kemudian pelanggan 900 VA naik 5 persen, pelanggan 1.300 VA naik 10 persen, pelanggan 2.200 VA naik 15 persen, dan pelanggan 3.300 VA naik 20 persen. "Untuk pelanggan 6.600 VA ke atas, akan diterapkan tarif keekonomian dengan batas hemat yang diturunkan menjadi 20 persen," terangnya.

BANDUNG - Kenaikan tarif dasar listrik (TDL) per 1 Juli nanti sepertinya tinggal menunggu waktu. Pasalnya, Badan Anggaran DPR telah menyetujui usulan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News