Tebar Jaringan Terbaru LTE

Tebar Jaringan Terbaru LTE
Foto: www.xl.co.id
JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL) tahun ini menggandeng PT Ericsson Indonesia. Kerjasama dilakukan untuk mengupgrade jaringan telepon selulernya sekaligus meningkatkan pendapatan perseroan dari data atau GPRS terhadap pendapatan keseluruhan. Target akhir tahun total pendapatan tumbuh sebesar 15 persen.

“Tahun lalu pendapatan keseluruhan pada posisi Rp 13 triliun,“ kata Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi di Gran Melia Jakarta, Senin (26/4). Pendapatan XL dari GPRS memberikan kontribusi sebesar 1 persen di 2008. Kemudian naik di 2009 sebesar 6 persen dan diharapkan akhir tahun ini naik 7-8 persen.

Untuk menambah persentase pendapatan dari GPRS, Hasnul mengaku pihaknya sudah melakukan banyak inovasi. Mulai dari konten, penambahan BTS, sampai rencana upgrade jaringan Long Term Evolution (LTE). “Kami akan mempelajarinya terlebih dahulu untuk itu kami bekerja sama dengan Ericsson,” kata Hasnul. Uji coba jaringan dilakukan 3-6 bulan kedepan sebelum resmi diluncurkan.

Hasnul menjelaskan sampai saat ini jaringan XL masih di HSPA dengan kecepatan downlink 7,2 Mbps. DIa mengaku untuk aplikasi jaringan LTE diperlukan ekosistem yang mendukung. LTE merupakan generasi terbaru yang menawarkan kecepatan downlink hingga 100 Mbps. Tercatat investasi 3G selama 2006-2008 mencapai Rp 2 triliun, tetapi belum menghasilkan maksimal untuk perseroan. „Penambahan persentase GPRS diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mencapai target total revenue (pendapatan) sebesar 15 persen,” harap Hasnul.

 

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL) tahun ini menggandeng PT Ericsson Indonesia. Kerjasama dilakukan untuk mengupgrade jaringan telepon selulernya sekaligus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News