Tebar Optimisme Kejayaan Indonesia di Jambore Mahasiswa

Tebar Optimisme Kejayaan Indonesia di Jambore Mahasiswa
Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat menjadi pembicara pada Jambore Nasional Mahasiswa Indonesia di Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (4/2). Foto: RMO/JPG

jpnn.com - jpnn.com - Jambore Nasional Mahasiswa Indonesia resmi dimulai di Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (4/2). Kegiatan yang diikuti ribuan mahasiswa dari berbagai kampus itu bertujuan mengobarkan semangat menjaga dan menguatkan persatuan sekaligus menjaga Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika atau yang lebih dikenal sebagai empat pilar bangsa.

Ada dua menteri yang hadir pada hari pertama jambore mahasiswa itu. Yakni Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Kehadiran dua menteri itu semakin menggairahkan diskusi dalam jambore. Kedua menteri di Kabinet Kerja itu menebar optimisme tentang kejayaan Indonesia.

Menteri Amran dalam paparannya mengatakan, Indonesia dengan wilayah yang luas dengan beraga etnis punya banyak modal untuk menjadi negara besar. Karenanya Amran meyakini ada pihak-pihak yang selalu mengganggu Indonesia agar terkoyak dan tidak merajai dunia.

“Kalau Indonesia terus bersatu maka negara ini akan merajai dunia. Di sektor pertanian kita akan swasembada pangan, bahkan pangan kita akan memenuhi kebutuhan dunia. Makanya mari kita bersatu dan berpikir besar sekaligus melawan semua upaya memecah belah bangsa," katanya.

Peraih Satyalancana Pembangunan Bidang Wirausaha Pertanian dari Presiden RI pada 2007 itu menambahkan, jangan sampai sesama rakyat Indonesia diadu domba oleh pihak-pihak yang punya agenda terselubung. Amran juga mengajak semua kalangan termasuk mahasiswa dan generasi muda untuk memperkuat pemahaman atas Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kita punya ribuan bahkan jutaan orang baik, termasuk di sektor pertanian. Jika bersatu dan tidak terpancing oleh upaya perpecahan, maka negara akan kuat dan mencapai kejayaan," jelasnya.
 
Sedangkan Rudiantara mengatakan, pemuda selali menjadi kunci penting dalam sejarah perjalanan bangsa. Bahkan, katanya, kemerdekaan Indonesia tak bisa dilepaskan dari kiprah pemuda.

"Sejarah mencatat bagaimana perjuangan pemuda pemudi dalam membangun persatuan bangsa, maka ada Sumpah Pemuda. Sekarang semangat persatuan itu harus dibangun kembali," kata Rudiantara.

Jambore Nasional Mahasiswa Indonesia resmi dimulai di Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (4/2). Kegiatan yang diikuti ribuan mahasiswa dari berbagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News