Tebing di Tanjakan Mala Longsor, Akses Jalan Raya Bandung-Cianjur Terputus

Tebing di Tanjakan Mala Longsor, Akses Jalan Raya Bandung-Cianjur Terputus
Jalan Raya Bandung-Cianjur bagian selatan tepatnya di Tanjakan Mala, Kecamatan Naringgul, Cianjur, tertutup longsor. Foto: ANTARA/Ahmad Fikri

jpnn.com, CIANJUR - Sebagian Jalan Raya Bandung-Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Tanjakan Mala, Kecamatan Naringgul, tertutup material batu dan tanah akibat longsor tebing setinggi 12 meter.

"Longsor terjadi menjelang siang, sehingga sebagian badan jalan utama tertutup tanah dan batu. Namun, arus kendaraan masih dapat melintas meskipun secara bergantian," kata Jai (40), warga sekitar saat dihubungi, Minggu.

Ia menjelaskan, warga tidak sempat melihat tanda-tanda atau suara gemuruh yang biasa terdengar sebelum terjadi longsor di tebing Tanjakan Mala yang sudah diperbaiki Pemprov Jabar beberapa bulan terakhir itu.

Menjelang siang warga melihat sebagian badan jalan sudah tertutup longsoran tanah dan batu berbagai ukuran.

Meskipun tidak sampai menutup seluruh badan jalan seperti tahun sebelumnya, namun longsor juga menyebabkan jaring baja sepanjang 20 meter yang menutupi sebagian besar tebing sobek, sehingga material longsoran menutup sebagian badan jalan.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kendaraan yang melintas harus sabar mengantre karena petugas kepolisian dan TNI memberlakukan sistem buka tutup satu arah selama pembersihan material longsoran," katanya.

Kepala PPK PJN 2 Jabar Suparman mengatakan setelah mendapat laporan warga terkait longsor di Tanjakan Mala, pihaknya langsung menugaskan tim di lapangan menuju lokasi untuk menyiapkan alat berat guna membersihakn material longsoran.

"Kendaraan masih bisa melintas meskipun secara bergantian, sehingga kendaraan roda dua dan empat tetap dapat melintas. Saat ini proses pembersihan material longsor masih berjalan dengan harapan menjelang sore arus sudah normal kembali," katanya.

Sebagian Jalan Raya Bandung-Cianjur tepatnya di Tanjakan Mala, Kecamatan Naringgul, tertutup material batu dan tanah akibat longsor tebing setinggi 12 meter.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News