Hati-hati, Jalur Puncak-Ciloto Mulai Longsor

Hati-hati, Jalur Puncak-Ciloto Mulai Longsor
Tebing di Jalur Puncak-Ciloto, Kabupaten Cianjur mengalami longsor. Foto: Radar Cianjur

jpnn.com, CIANJUR - Tebing di Jalur Puncak-Ciloto Lembah Hijau, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mengalami longsor, Kamis (9/1).

Longsor terjadi di sisi kiri jalan yang mengarah dari Cianjur menuju Bogor. Material tanah sempat menutupi sebagian badan jalan. namun, tak ada kerugian material hingga korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi di pagi hari itu.

Longsor ini masuk dalam intensitas sedang dengan diamensi sekitar tiga meter dan tinggi delapan meter.

Penilik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Wilayah Cianjur Suprapto mengatakan, longsor di jalur protokol Puncak Cipanas yang terjadi sekitar pukul 09.00 WIB itu masih dalam kondisi sedikit.

Namun, kemudian sekitar pukul 11:00 WIB, material tanah pun kembali turun dengan volume yang relatif banyak.

“Memang saat pagi itu tanah yang longsor masih kecil. Tetapi karena hujan deras tidak berhenti, jadi tanah di atas pun kembali jatuh dengan diamensi lebar lima meter dan tingginya delapan meter,” katanya saat ditemui di lokasi kejadian, Kamis (9/1).

Ia mengungkapkan, khawatir potensi longsor susulan dan mengakibatkan pohon di bibir tanah mengalami tumbang, akhirnya personil yang ada menebang satu pohon nangka berukuran sedang.

“Karena di bibir tanah yang ada di atas terdapat pohon nangka, akhirnya kami tebang. Tetapi ada satu lagi pohon besar yang belum ditebang, karena itu mesti berkoordinasi dulu dengan instansi terkait,” katanya.

Hujan yang terus turun membuat tebing di Jalur Puncak-Ciloto Kabupaten Cianjur mengalami longsor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News