Simak! Ini Warning Kapolri untuk Para Kapolda Terkait Karhutla

Simak! Ini Warning Kapolri untuk Para Kapolda Terkait Karhutla
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAMBI - Kapolri Jenderal Tito Karnavian, mewarning setiap Kapolda yang wilayahnya rawan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan.

Dipastikan, jika terjadi kebakaran dan tidak mampu diatasi akan dievaluasi. Bisa berujung ke pergantian.

Menurut Jenderal Tito, ini merupakan pesan Presiden, Joko Widodo. Tidak hanya Kapolda, bahkan peringatan ini berlaku untuk Panglima Kodam, Komandan Korem, hingga ke Komandan Kodim dan Kapolres.

"Ini perintah dari Presiden. Jika ada terjadi kebakaran, tidak mampu memadamkan, para kepala satuan TNI dan Polri akan dievaluasi," ujar jenderal polisi bintang empat ini, saat kunjungan kerja di Mapolda Jambi, kemarin (5/8).

Kata Dia, ini sudah berlaku sejak 2015. Oleh karena itu, TNI dan Polri diminta menjadi ujung tombak untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Dalam konfrensi persnya itu, Tito menyebutkan, 2015 terjadi gejala elnino. Dimana curah hujan di Indonesia relatif rendah. 2016 terjadi Lanina.

Dimana uap air berkumpul di Indonesia, sehingga lebih banyak curah hujan. 2017 ini, dari BMKG diperkirakan mulai Juli hingga September akan terjadi kemarau.

"Karena itu pemerintah sudah mengantisipasi melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan secara bersama," jelasnya.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian, mewarning setiap Kapolda yang wilayahnya rawan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News