Tegas, Negara Arab Ini Haramkan Segala Bentuk Normalisasi dengan Israel

Tegas, Negara Arab Ini Haramkan Segala Bentuk Normalisasi dengan Israel
Peta negara-negara Liga Arab. Foto: southfront.org

jpnn.com, RABAT - Perdana Menteri Maroko Saad Dine El Otmani tegas menolak normalisasi hubungan apa pun dengan Israel. Menurutnya, normalisasi hanya akan merugikan Palestina.

"Kami menolak normalisasi apa pun dengan entitas Zionis sebab hal ini membuat pihaknya semakin berani untuk melanggar hak-hak rakyat Palestina," kata El Otmani kepada Partai Islam PJD.

Pernyataan itu muncul menjelang kedatangan penasihat senior sekaligus menantu Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Jared Kushner, ke kawasan tersebut dan setelah Uni Emirat Arab (UEA) membuat kesepakatan normalisasi hubungan dengan Israel.

Posisi resmi Maroko mendukung solusi dua negara, dengan Yerusalem Timur sebagai Ibu Kota Palestina.

Maroko dan Israel memulai hubungan tingkat rendah pada 1993 setelah perjanjian damai Israel-Palestina dicapai. Namun Rabat kemudian menangguhkan hubungan dengan negara Yahudi tersebut usai maraknya pemberontakan Palestina pada 2000.

Seperti diketahui, Uni Emirat Arab, salah satu negara paling banyak memberi bantuan finansial kepada Palestina, baru-baru ini melakukan normalisasi hubungan dengan Israel.

Tindakan UEA mendapat kecaman dan dianggap sebagai pengkhianatan terhadap Palestina. UEA sendiri berkilah bahwa langkah diplomatis tersebut untuk kepentingan kemanusiaan. (ant/dil/jpnn)

Berbeda dengan UEA, negara Arab satu ini tegas menolak segala bentuk normalisasi hubungan dengan Israel


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News