Tegas! Presiden Jokowi Pastikan Jadi yang Pertama Divaksinasi

Tegas! Presiden Jokowi Pastikan Jadi yang Pertama Divaksinasi
Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Foto: Instagram Jokowi

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan, dirinya akan divaksinasi Covid-19 pertama kali. Hal itu untuk mendorong seluruh masyarakat Indonesia mendapat vaksinasi. Pria yang akrab disapa Jokowi itu bahkan memerintahkan jajarannya untuk merealokasi anggaran agar vaksin gratis.

"Jadi setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis tidak dikenakan biaya sama sekali," kata Jokowi melalui virtual, Rabu (16/12).

Jokowi telah memerintahkan para menteri dan pimpinan lembaga serta kepala daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

"Saya juga menginstruksikan dan memerintahkan kepada Menteri Keuangan untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain, terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis ini sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin," kata Jokowi.

Jokowi menegaskan, vaksin yang beredar di Indonesia sudah lolos uji klinis. Dia bahkan mengaku akan divaksinasi pertama kali.

"Saya ingin tegaskan lagi nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman," kata Jokowi.

Terlepas dari itu, Jokowi juga meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan 3M, menggunakan masker, menjaga jarak mencuci tangan. (tan/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Presiden Joko Widodo mengatakan, dirinya akan divaksinasi Covid-19 pertama kali. Dia juga mengupakan vaksin Covid-19 untuk rakyat Indonesia gratis.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News