JPNN.com

Teh Hijau Efektif Atasi Karies Gigi?

Jumat, 27 April 2018 – 04:28 WIB Teh Hijau Efektif Atasi Karies Gigi? - JPNN.com

jpnn.com - Teh hijau dianggap sebagai minuman yang menyehatkan untuk tubuh. Minuman ini kaya akan antioksidan sehingga bermanfaat untuk mengontrol peradangan dan mencegah infeksi bakteri.

Rupanya, teh hijau tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, melainkan juga dianggap bisa meningkatkan kesehatan mulut dan gigi. Lalu, bagaimana pengaruhnya bagi karies gigi? Benarkah teh hijau efektif untuk mengatasi karies gigi?

Manfaat teh hijau

Nutrisi dalam teh hijau seperti polifenol dan senyawa aktif lainnya selama ini terbukti ampuh mencegah dan mengatasi risiko kanker, jantung, diabetes dan Alzheimer. Penelitian terbaru juga menyebutkan jika senyawa penting di dalam teh hijau secara alami bisa mengatasi peradangan yang terjadi pada gigi serta gusi.

Teh hijau (Camellia sinensis) mempunyai aktivitas antioksidan dan sifat antiinflamasi seperti polifenol (khususnya jenis catechin), mineral dan vitamin. Kandungan catechin pada teh hijau juga lebih banyak dibanding teh hitam maupun teh oolong.

Telah banyak penelitian ditujukan untuk menguji kekuatan catechin dan khususnya Epigallocatechin Gallate (EGCG). Dari berbagai penelitian ditemukan bahwa EGCG adalah jenis catechin yang biasanya terdapat pada daun teh, daun pisang, dan beberapa jenis tanaman lain.

Catechin juga menunjukkan sifat sebagai antimutagenik, antidiabetik, antiinflamasi, antibakterial dan antivirus.

Bahan yang terkandung dalam teh hijau seperti EGCG ini mampu menghambat pembentukan biofilm bakteri pada mulut yang biasanya berbentuk plak. Dengan minum teh hijau secara rutin setiap pagi akan membantu gigi dan gusi terbebas dari plak.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...